Jesuit Beri Perhatian Khusus Pada Pendidikan di Asia

by
Foto-ilustrasi-anak-sekolah

Katoliknews.com – Serikat Jesus (SJ) di Asia akan terus fokus pada pendidikan, menyusul pertemuan para sekretaris  pendidikan dalam Konferensi Jesuit Asia Pasifik (JCAP, Jesuit Conference of Asia Pacific), yang digelar belum lama ini.

Pertemuan Konferensi Jesuit Asia Pasifik  di Macao dihadiri oleh para perwakilan dari Hong Kong, Filipina, Kamboja, Jepang, Indonesia, Timor Leste, dan Australia.

Sebagaimana dilansir Agenzia Fides, Senin, 29 Juni 2015, pertemuan itu menyoroti pelayanan yang dipromosikan oleh Jesuit dengan hasil yang signifikan di semua negara.

Ada beberapa perkembangan besar tahun ini,  diantaranya  dua sekolah baru di Timor Leste dan Kamboja memiliki kemajuan yang baik, sebagai hasil dari perencanaan yang matang bertahun-tahun dan dukungan yang kuat di konferensi tersebut.

Menurut Pastor Roberto Boholst SJ, sekolah baru di Timor Leste, kini memiliki enam gedung dan masing-masing memiliki empat ruang kelas, dan  dapat menampung 105 siswa, dan saat ini  terdapat 90 siswa.

Pihaknya  juga  sedang mempersiapkan  sebuah lembaga pelatihan guru yang berdekatan dengan sekolah itu dan komponen lain dari proyek pendidikan Jesuit di Timor Leste.

Pembangunan  akan segera dimulai untuk lembaga pelatihan guru, tapi sudah direncanakan bahwa kelas itu akan dimulai tahun depan.