Katoliknews.com – Mengurus sebuah paroki bukan hanya tugas para pastor, tetapi juga kaum awam, demikian pesan Sekretaris Keuskupan Manado, Pastor John Montolalu Pr saat melantik Pengurus Dewan Pastoral Paroki (DPP) St Josep Kawangkoan Periode 2016 – 2019 dalam Misa Minggu, 13 Maret 2016.

Dalam prosesi pelantikan yang digelar saat Misa pagi itu, ikut dilantik pengurus dewan stasi, wilayah, serta kelompok kategorial, seperti Kaum Bapak Katolik (KBK), Orang Muda Katolik (OMK) dan Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), serta Serikat Kepausan Anak Misioner (Sekami).

“Saat ini pastor paroki berdiri di tengah-tengah, didampingi satu pasukan kaum awam. Ini menunjukan bahwa karya-karya pastoral di paroki ini bukan hanya menjadi tanggungjawab pastor paroki, tetapi ada keterlibatan kaum awam,” ujar Pastor John seperti dilansir Tribun Manado.

Mantan Ketua Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Seminari Pineleng ini mengatakan, terlibat dalam urusan Gereja merupakan bentuk pemberian diri kepada Tuhan.

“Seperti Rasul Paulus, yang sebelumnya selalu berbuat jahat kepada Tuhan dan pengikut Kristus, kemudian dia ditangkap dan dipakai oleh Tuhan untuk mewartawan Injil, sekarang kita juga dipakai Tuhan. Kita ikut ambil bagian dalam karya pelayanan Tuhan,” ungkapnya.

Berbeda dengan kepengurusan DPP sebelumnya yang diisi oleh kaum awam, kini Pastor Kepala Paroki secara otomatis sebagai Ketua Umum DPP, dibantu beberapa ketua, sekretaris, bendahara, serta seksi-seksi.

Mereka yang dilantik adalah, Ketua Umum DPP St Josep Kawangkoan Pastor Yohanis Hermanus Lasut Pr, Ketua I Bidang Kerohanian Hendra Tandayu SE, Ketua II Bidang Organisasi dan Kaderisasi Theodorus Lumi SPd MAP, dan Ketua III Bidang Pembangunan Marlon Mondong.

Sedangkan Sekretaris Drs Yakobus Rettob, dan Bendahara Meity Subadi – Supit. Selain itu juga ikut dilantik beberapa seksi.

“Saya berharap kepengurusan lengkap ini bisa bekerja dengan baik membangun paroki,” ujar Pastor Lasut.

Aria/Katoliknews

Komentar