Paus Fransiskus

Katoliknews.com – Paus Fransiskus bakal mengunjungi kamp konsentrasi Auschwitz-Birkenau saat ia mengunjungi Polandia pada Juli tahun ini, di mana ia juga akan memimpin perayaan Hari Kaum Muda Sedunia.

Dia akan mengunjungi bekas kamp kematian Nazi itu di Polandia selatan 29 Juli, pada hari ketiga kunjungannya ke negara itu, kata kepala lembaga berita Katolik KAI, Marcin Przeciszewski, Sabtu 12 Maret 2016, seperti dilansir AFP.

Dua pendahulunya juga pernah berkunjung ke kamp itu yaitu Yohanes Paulus II yang memang berasal dari Polandia, pada 1979 dan Benediktus XVI pada 2006.

Sekitar 1,1 juta orang, termasuk satu juta orang Yahudi di seluruh Eropa, tewas di tangan Nazi Jerman di kamp tersebut dari tahun 1940 hingga 1945.

Korban lainnya sebagian besar orang non-Yahudi, gipsi dan tahanan Soviet.

Paus Fransiskus akan menghabiskan total lima hari di Polandia, di mana ia tiba pada 27 Juli dan merampungkan kunjungannya pada 31 Juli.

Dia juga akan mengunjungi kuil Czestochowa -tempat ziarah Santa Perawan Maria dari Czestochowa- di selatan negara itu dan mengadakan misa di sana untuk memperingati ulang tahun ke 1.050 masuknya kekristenan ke Polandia.

Paus juga akan bertemu para pejabat tinggi Polandia termasuk Presiden Andrzej Duda dalam kapasitasnya sebagai pemimpin negara Vatikan.

AFP/Katoliknews

Komentar