Hanan al-Hroub bersama murid-murid yang ia ajar. (Foto: Reuters)

Katoliknews.com – Paus Fransiskus mengumumkan nama peraih penghargaan guru terbaik di dunia dalam sebuah pesan yang disirakan lewat video, pada awal pekan ini.

Nama Hanan al-Hroub, wanita Palestina yang meraih penghargaan yang disebut Global Teacher Prize dibacakan Paus pada Minggu, 13 Maret 2016.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada guru Hanan al-Hroub yang memenangi hadiah bergengsi ini,” ujar Paus.

Selain Paus Fransiskus, Pangeran William dari Inggris juga mengirimkan pesan video ucapan selamat kepada Hroub.

Wanita warga Palestina ini menerima uang tunai sebesar US$ 1 juta atau sekitar Rp13 miliar dari penyelenggara penghargaan itu.

Hanan al-Hroub bekerja dengan anak-anak yang tumbuh dalam suasana penuh kekerasan di kamp-kamp pengungsian Palestina. Hroub mempromosikan slogan “tidak ada kekerasan” kepada para muridnya.

Paus umumkan nama Hanan al-Hroub sebagai peraih penghargaan guru terbaik. (Foto: Reuters)
Paus umumkan nama Hanan al-Hroub sebagai peraih penghargaan guru terbaik. (Foto: Reuters)

Dia menggunakan pendekatan khusus untuk mengembangkan diri murid-muridnya. Hroub menulis pengalamannya sebagai guru dalam bukunya yang bertajuk Kita Bermain Kita Belajar.

 “Saya, saya menang! Saya bangga menjadi guru perempuan Palestina yang berdiri di atas panggung ini,” kata Hroub saat penganugerahan penghargaan itu di Dubai, seperti dilansir Guardian pada 13 Maret 2016.

Global Teacher Prize diberikan oleh Yayasan Varkey yang merupakan yayasan sosial milik perusahaan pendidikan internasional, GEMS. Misi yayasan ini antara lain meningkatkan status profesi guru. Untuk tahun ini, terdapat sepuluh finalis yang menjadi nomine penerima penghargaan tersebut. Mereka berasal dari Inggris, India, Kenya, Finlandia, Jepang, Australia, Pakistan, dan Amerika Serikat.

Radio Vatikan/The Guardian/Katoliknews

Komentar