Prosesi Semana Santa di Larantuka, di mana Tuan (Bunda Maria) diarak mengitari kota. (Foto: Beritasatu.com)

Katoliknews – Pengamanan prosesi Semana Santa di kota Larantuka, Flores Timur, NTT selain dilakuan aparat keamanan dari Kepolisian dan TNI, juga melibatkan pemuda dari lintas agama.

Kepala Bidang Humas Polda NTT, AKBP Jules Abram Abas mengungkapkan sebanyak 219 personil kepolisian dari Kepolisian Resort Flores Timur siap diterjukan untuk mengamankan perayaan Jumaat Agung khas Larantuka itu.

Selain dari kepolisian setempat, pengamanan juga melibatkan anggota TNI dan sejumlah pihak.

“Untuk personel Polres Flores Timur sendiri 219 orang, Kodim 1624 Flores Timur 30 orang, BKO Brimob Maumere 30 orang, tim penjinak bom dua regu, Satpol PP 101 orang, Dinas perhubungan 67 orang,”ujar Jules seperti dilansir Kompas.com, Minggu 20 Maret 2016.

Selain aparat keamanan, menurut Jules, pengamanan prosesi Semana Santa juga melibatkan unsur pemuda dari berbagai agama. Diantaranya 200 orang dari Pemuda Katolik, 50 orang dari remaja masjid, 20 orang dari GMIT dan 20 orang dari Hindu.

Secara keseluruhan, menurut Jules, personil yang akan terlibat dalam pengamanan Semana Santa ini berjumlah 1.000 orang. Sebanyak 150 orang dari Polda NTT dan 850 orang dari Polres dari 16 Kabupaten dan Kota.

Disamping pengamanan di darat, pihak kepolisian juga melibatkan Polisi Perairan untuk pengamanan saat dilakukan prosesi laut.

Prosesi Semana Santa berlangsung setiap Jumat Agung untuk memperingati wafatnya Yesus Kristus yang tahun ini jatuh pada Jumat, 25 Maret 2016.

Tradisi Semana Santa di Larantuka sudah berlangsung lebih dari 500 tahun. Biasanya, setiap tahun ribuan peziarah dari berbagai daerah datang ke kota kecil di ujung timur Pulau Flores itu.

Sejumlah pejabat penting di daerah maupun pusat rencananya bakal ikut dalam acara prosesi Semana Santa tahun ini.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemerintah Daerah Flotim, Rin Riberu mengatakan pada Jumat 18 Maret 2016, Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan yang beragama Katolik merupakan salah satu yang rencananya akan melewati Tri Hari Suci di Larantuka.

“Kapolda NTT (Brigjen Pol. E.Widya Sunaryo-red), juga akan hadir. Kodam Udayana dan kepala staf Korem Wirasakti Kupang,” kata Rin Riberu.

Peter/Katoliknews

Komentar