Uskup Larantuka, Mgr Fransiskus Kopong Kung Pr (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Uskup Larantuka Mgr Fransiskus Kopong Kung Pr mengatakan, peziarah dari sejumlah daerah yang hendak mengikuti ritus Semana Santa di Larantuka sudah membludak.

Sejumlah penginapan, katanya, sudah penuh. “Hotel-hotel di sini sudah full, begitu juga wisma-wisma,” katanya kepada Katoliknews.com, Senin, 21 Maret 2016.

Ia menjelaskan, memang ia tidak tahu persis berapa jumlah peziarah yang dipastikan hadir di kota itu. “Kemungkinan tidak berbeda jauh dari tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Selain memanfaatkan hotel dan wisma, para peziarah, kata dia, ada yang menginap di biara-biara, rumah penduduk dan rumah-rumah warga.

Data dari Pemerintah Kabupaten Flores Timur menunjukkan, jumlah peziarah Semana Santa memang selalu lebih dari 10.000 setiap tahun. Pada tahun 2012 misalnya, jumlah peziarah mencapai 11.253 orang dari nusantara dan mancanegara, belum termasuk peziarah lokal NTT serta umat Keuskupan Larantuka.  Sementara tahun 2013, jumlahnya mencapai 15.300 peziarah.

Uskup Kopong menambahkan, sejauh ini, persiapan terus dilakukan, baik terkait hal rohani, maupun persiapan pengamanan.

“Semua sudah siap jauh-jauh hari sebelumnya,” katanya.

Sementara itu, dari pihak kepolisian, mereka memastikan mengerahkan lebih dari 1000 aparat gabungan, termasuk dari lintas agama untuk menjaga keamanan selama acara ini.

Semana Santa merupakan tradisi yang sudah bertahan lebih dari 500 tahun. Penyelenggaraan tradisi ini pun menjadi salah satu ikon wisata rohani di Nusa Tenggara Timur

Aria/Katoliknews

Komentar