Paus Fransiskus Menerima Penghargaan Terkait Usaha Unifikasi Eropa

354

Katoliknews.com – Berbagai karya Paus Fransiskus, kini menuai banyak respon positif dari masyarakat dunia. Pada 6 Mei 2016, ia mendapat pernghargaan Charlemagne yang diberikan oleh Walikota Aachen, Jerman, Marcel Philipp.

Jenis penghargaan yang diadopsi dari nama raja Franken, yang terkenal sebagai “Bapak Eropa” tersebut, dianugerahkan atas karya pastoral Paus dalam usahanya melakukan unifikasi Eropa.

Sebagaimana dilansir Penakatolik pada Jumat 6 April, dalam sambutannya pemimpin umat katolik sedunia itu, menyatakan bahwa dasar dari semua usahanya adalah menginginkan masa depan yang bermartabat dan damai bagi Eropa.

Hal tersebut, menurut Paus, hanya bisa dicapai apabila semua orang mengupayakan misi itu dengan sungguh.

“Saya yakin, sikap menerima nasib dan kelesuan bukanlah milik jiwa Eropa. Namun, persoalan-persoalan yang kerap terjadi, saya yakini bisa menjadi kekuatan besar untuk persatuan,”ungkap Paus.

Paus kemudian mengakhiri sambutannya dengan mencurahkan harapan dan mimpinya tentang Eropa.

“Saya berharap Eropa masih mampu menjadi ibu yang memiliki kehidupan karena menghormati dan memberi harapan hidup; tempat yang memperhatikan orang lemah dan orang tua; tempat orang menghirup udara bersih kejujuran,”tutup Uskup asal Argentina tersebut.

Acara itu juga dihadiri oleh Presiden Parlemen Eropa Martin Schultz, Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker, dan Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, yang juga turut memberikan kata sambutan.

Roby Sukur/Katoliknews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here