Katoliknews.com – Umat Katolik di Kecamatan Belitang Hulu, Sekadau, Kalimantan Barat, patut bersyukur atas peresmian pembangunan Gereja Katolik paroki Yesus Tersalib, Balai Sapuak pada Senin, 9 Mei.

Peresmian itu ditandai dengan acara peletakan batu pertama oleh Bupati Sekadau, Rupinus yang saat itu didampingi oleh wakilnya, Aloysius dan Camat Belitang Hulu. Pihak gereja diwakili oleh Uskup Sanggau, Pastor Paroki Sekadau dan sejumlah imam lainnya.

Sebagaimana dilansir PontianakTribunnews pada Selasa 10 Mei, dalam sambutannya, Uskup Sanggau mengatakan bahwa pembangunan gereja yang megah itu, mesti diimbangi dengan pembangunan iman yang kokoh dalam diri umat sejak dini.

“Kalau pembangunan rohaninya sudah baik, maka pembangunan jasmaninya juga pasti baik,”ungkapnya.

Lantas ia berharap agar umat katolik di tempat itu punya semangat kebersamaan dan swadaya dalam membangun kehidupan menggereja.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Rupinus menyebutkan bahwa ia sangat gembira dengan pembangunan ini. Gereja, kata dia, merupakan tempat untuk bersekutu, memuji dan menyembah memuliakan nama Tuhan.

“Kita memberikan apresiasi dan penghargaan kepada bapak uskup yang sudah membangun gereja katolik di Balai Sepuak ini, ini bentuk dukungan pihak gereja dalam pembinaan kepada umat,” paparnya.

Pastor Paroki Balai Sapuak, Pastor Yance lantas menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Uskup dan Pemerintah, atas dukungan pembangunan gereja yang berukuran sekitar 24×14 meter tersebut.

Dalam acara hari itu, gereja mendapat sumbangan dari pemerintah sebesar Rp 2 Miliar, ditambah dana lain yang didapat dari swadaya umat, yang kini sudah berjumlah Rp 300 Juta.

Roby Sukur/Katoliknews

Komentar