Katoliknews.com – Seorang Imam katolik di kota Iligan, Filipina Selatan berhasil meraih kemenangan dalam pemilu 9 Mei lalu.

Pastor Jeemar Lucero Vera Cruz, nama imam itu, sudah dinyatakan sah menjadi wakil walikota Iligan untuk periode yang akan datang.

Sebagaimana dilansir Ucanews.com pada Kamis 12 Mei, Pastor Cruz mengatakan bahwa pilihan itu berdasarkan kebutuhan Iligan, akan adanya seorang pemimpin yang pro rakyat.

“Untuk sementara saya  menanggapi panggilan Tuhan membantu orang miskin di kota ini,”ungkap Pastor Cruz.

Imam itu juga mengatakan bahwa Iligan bukan sebuah kota yang mudah ditaklukkan. Karena itu, ia meminta masyarakat untuk turut membantu pemerintah dalam menghadapi banyak hal, termasuk kriminalitas yang menjadi salah satu persoalan besar.

Pastor Cruz sebelumnya menghadapi ancaman pemecatan profesi imamatnya karena dinilai menentang seruan para Uskup di negara tersebut yang melarang para klerus untuk menjadi pejabat publik.

Terkait hal itu ia mengklaim bahwa dirinya secara resmi bakal melepaskan status imamat namun tidak menghadapi sanksi dari gereja.

“Saya tidak menghadapi pemecatan sebagai imam karena saya telah mendapat izin resmi dan secara resmi pula melepaskan tugas-tugas pelayanan (sebagai imam)” katanya.

Ia juga mendapat banyak kritikan yang menuduhnya menggunakan altar gereja untuk ambisi politik. Menanggapi hal itu, mantan vikjen Keuskupan Iligan tersebut dengan keras membantahnya.

“Saya tidak menggunakan gereja atau mimbar demi aspirasi politik saya. Saya ingin memperjuangkan keadilan, membela dan mendengar jeritan orang miskin,” tutupnya.

 

Roby Sukur/Katoliknews

Komentar