Katoliknews.com – Uskup Maumere, Gerulfus Kherubin Pareira baru-baru ini melantik Pastor Philipus Ola Daen sebagai Praeses baru di Seminari Tinggi St. Petrus Ritapiret menggantikan Pastor Martinus Ewaldus Sedu.

Sebagaimana dilansir Suaraflores.co pada Minggu 29 Mei, dalam sambutannya Uskup Kherubin mengatakan bahwa seorang Praeses harus selalu menghidupi kebijaksanaan sebagai kunci kepemimpinan.

“Kebijaksanaan menjadi hal penting dalam menjalankan kepemimpinan sebagai Praeses. Sebagaimana Salomo yang meminta kebijaksanaan kepada Tuhan untuk memimpin bangsa Israel. Pemimpin mesti memohon kebijaksanaan kepada Tuhan dalam menjalankan tugas Kepemimpinan,” ungkap Uskup Kherubin.

Ia juga mengatakan, kebijaksanaan dapat membantu seorang pemimpin untuk mengayomi keberagaman dalam sebuah komunitas.

Lebih lanjut, Pastor Ola sendiri, menyebut tanggung jawab barunya itu sebagai tugas seorang hamba.

”Aku adalah hamba yang menjalankan tugas Tuhan. Dan aku adalah hamba bagi kamu semua yang menyebut diriku sebagai Praeses,” kata Pastor Ola.

Imam itu juga melanjutkan bahwa di masa kepimpinannya kelak, ia dan segenap jajaran Seminari, bakal mengembangkan konsep dialog.

Hal itu menjadi penting, karena menurutnya dialog dapat membantu sekolah tinggi filsafat tersebut untuk menggapai tujuan bersama.

Selain pelantikan Praeses, acara saat itu juga sekaligus mengangkat Pastor Patrick Darsam Guru sebagai Ekonom baru menggantikan Pastor Vinsen Budi Bata Putra.

Roby Sukur/Katoliknews

Komentar