Katoliknews.com – Universitas Katolik Widya Mandala pada Rabu, 22 Juni lalu menggelar sebuah seminar terkait korupsi bersama Forum Komunikasi Alumni (Forkoma) PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).

Benang merah utama yang dibahas dalam seminar ini, terkait sejumlah kasus korupsi yang masih merajalela di seluruh lapisan masyarakat, terutama di kalangan elite negeri ini yang sangat mengancam eksistensi Pancasila.

Sebagaimana dilansir Beritasatu.com, ketua Forkoma PMKRI, Hermawi Taslim mengatakan, korupsi sangat berpotensi membuat Indonesia menjadi negara gagal.

“Inilah yang yang mengancam eksistensi Pancasila. Kita harus lebih serius mencegah dan membasmi korupsi di negeri ini,” ujar Hermawi Taslim yang juga salah satu Ketua DPN Peradi ini.

Oleh karena itu, ia menghimbau agar perguruan tinggi memiliki posisi yang strategis untuk memberi pendidikan nilai, guna menghindari korupsi. Sejalan dengan itu, lanjutnya, semua pranata peradilan harus dioptimalkan sehingga pemberantasan korupsi bisa optimal.

Lebih lanjut, Rektor Universitas Katolik Widya Mandala, Francsisca Mudjijanti dalam sambutannya menegaskan, dunia pendidikan mesti terus menanamkan pemahaman dan pengertian agar jiwa dan semangat Pancasila tidak mati dalam masa mendatang.

Dalam seminar itu, hadir pula Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf dan Rektor IKIP PGRI Madiun Dr Parji.

Roby Sukur/Katoliknews

Komentar