Katoliknews.com – Vox Point Indonesia bersama seksi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan (HAK) Paroki Blok B Gereja St. Yohanes Penginjil dan FMKI-KAJ menggelar seminar pada Sabtu 25 Juni lalu

Seminar bertema “Mencari Pemimpin Yang Tepat Untuk DKI I” itu tersebut dihadiri keynote speaker Romo Antonius Benny Susetyo Pr serta sejumlah narasumber, antara lain Rufinus Hutauruk, Fandi Utomo, Arya Fernandes dan Johnny G. Plate.

Berbagai tokoh masyarakat, perwakilan ormas-ormas Katolik dan perwakilan pemerintah juga ikut hadir.

Sebagaimana dilansir laman Bimaskatolik.kemenag.go.id, Romo Bennydalam makalah bertajuk “Kerahiman Allah dalam Kehidupan Berbangsa” mengatakan, kerahiman sangat penting bagi seorang pemimpin.

“Kalau bicara tentang kerahiman, kita bicara tentang belas kasih. Maka pemimpin yang memiliki belas kasih adalah pemimpin yang mau memberikan diri seutuhnya untuk kepentingan bersama,” katanya.

Ia melanjutkan, pemimpin yang baik harus mewartakan kebenaran, merangkul semua golongan tanpa diskriminasi, keras namun tegas dan bijaksana.

Selain itu, kata dia, pemimpin juga mesti memiliki gelombang kasih dan menyadari dirinya sebagai pelayan.

“Pemimpin harus berjiwa terbuka, mengampuni dan merangkul (lawan-lawannya), bisa melakukan rekonsiliasi membangun kebersamaan dengan rendah hati. Pemimpin harus menunjukkan kredibilitasnya melalui kasih kepada orang miskin, lemah dan tersisih,” lanjutnya.

Di sisi lain, Dirjen Bimas Katolik, Eusabius Binsasi menyebutkan bahwa kriteria pemimpin yang baik adalah seorang yang memahami keberagaman dan perbedaan.

“Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama dan itu tergambar di DKI Jakarta sebagai Indonesia Mini yang bisa menggambarkan wajah Indonesia seluruhnya. Lantas, ketika seorang pemimpin berada dalam kelompok manapun, ia harus menunjukkan ketegasannya dalam mengambil sikap,” kata Eubasius.

Seminar saat itu dimoderatori oleh Ketua Vox Point Indonesia, Handoyo Budhisejati. Semua hal yang dibicarakan mengarah ke satu tujuan, yakni mewujudkan bonum commune.

Roby Sukur/Katoliknews

Komentar