Kelompok Paduan Suara Asal Indonesia Raih Juara Umum di Italia

472

Katoliknews.com – Paduan suara anak, The Resonanz Children’s Choir (TRCC) asal Indonesia berhasil meraih juara umum dalam kompetisi paduan suara internasional di Italia.

Kompetisi bertajuk Claudio Monteverdi International Choral Festival and Competition tersebut digelar selama tiga hari (7-10 Juli), di kota Venessa.

Sebagaimana dilansir Tempo.co, Minggu 10 Juli, Dani Dumadi, manajer proyek TRCC dalam press rilisnya mengatakan, keikutsertaan mereka pada kompetisi ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan tour concerts & competition bertajuk “Musical Journey 2016”.

Ia menceritakan, pada kompetisi awal, kelompok yang dipimpin konduktor Devi Fransisca ini membawakan empat buah lagu, seperti Der Wassermann karya Robert Schumann, Salve Regina karya Javier Busto, dan dua lagu karya Fero Aldiansya, yaitu 137 Hip Street serta Bungong Jeumpa.

“Dengan berbalut kostum bernuansa Aceh, paduan suara berkekuatan 42 anak ini mampu memukau juri serta para hadirin yang memadati ruangan auditorium Santa Margherita. Hal tersebut tampak dari riuh tepukan serta standing ovation yang diberikan,” kata Dani.

“Para juri kemudian meloloskan TRCC ke babak final melawan keempat finalis dari kategori lainnya, yaitu kategori Adult’s Choir dan kategori Sacred Music,” paparnya.

Dani melanjutkan, pada  9 Juli, di babak final, TRCC tampil berbalut kostum bernuansa Papua. Mereka membawakan lagu Táncnóta karya komposer Hungaria Zoltán Kodály dan Yamko Rambe Yamko lewat aransemen dari Agustinus Bambang Jusana.

Dari penamapilan mereka itu, TRCC akhirnya berhasil menjadi juara umum (winner of grand prix). Selain itu, grup itu juga meraih juara pertama untuk kategori Children’s and Youth Choir dengan nilai 94.5 dan  memperoleh Gold Diploma Level II.

Sebagaimana diketahui, TRCC bernaung di bawah Yayasan The Resonanz Music Studio yang bermarkas di Jalan Kertanegara nomor 28. Sebelum memenangi kompetisi ini, mereka telah berkeliling ke beberapa negara guna melakukan beberapa tour concert.

Roby Sukur/Katoliknews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here