Katoliknews.com – Uskup Bogor Mgr Paskalis Bruno Sukur OFM mengatakan, orang tua mesti bertanggung jawab dalam membaptis dan mendidik anak-anak secara Katolik, sejak kecil.

Hal itu disampaikannya dalam acara Family Gathering yang digelar oleh Komisi Keluarga Keuskupan Bogor, di Hotel Bukit Indah Ciloto, 15-17 Juli 2016.

Mgr Paskalis menjelaskan, orang tua harus berani memfilter pandangan humanis dewasa ini yang terlalu melebih-lebihkan kebebasan dan hak.

“Oleh karena itu, orang tua harus membimbing anak-anak. Hal itu bisa dilakukan dengan menunjukkan kebenaran iman dan menjadi teladan yang baik bagi mereka,” kata Uskup Paskalis kepada Katoliknews.com.

“Kita mesti yakin bahwa membimbing anak-anak secara Katolik adalah hal yang mulia dan melampaui pandangan humanis semata,” lanjutnya.

Sementara itu, Uskup yang baru saja merayakan pesta perak ini juga mengakui, hingga saat ini masih ada keluarga Katolik yang salah kaprah.

“Ada kecendrungan dalam diri orang tua untuk menunggu anak-anaknya dewasa sendiri, dengan sebuah dalih bahwa pertumbuhan anak menjadi hak dan kewajiban anak sendiri, tanpa bimbingan orang tua” kata Mgr Paskalis.

Mgr Paskalis lantas menghimbau agar para orang tua mulai peduli dengan pertumbuhan anak sejak dini. Hal itu, lanjutnya, dapat dilakukan dengan cara membiasakan dan mendekatkan anak-anak dengan Kitab Suci atau hal-hal rohani.

Charles Talu/Katoliknews

Komentar