Katoliksnews.com – Vatikan mengecam Polandia terkait penolakannya terhadap imigran Muslim yang masuk ke negara tersebut selama acara World Youth Day (Hari Pemuda Se-dunia) yang digelar di Krakow, 25-31 Juli 2016.

Sebagaimana dilansir Satuharapan.com pada Selasa, 26 Juli Vatikan menganggap kecemasan Polandia itu berlebihan. Mestinya Polandia lebih terbuka terhadap para imigran.

“Fenomena imigrasi pada dasarnya adalah fenomena yang berbeda, dan hal yang terjadi tidak lazim bagi warga Polandia,” bunyi pernyataan resmi dari Vatikan.

Vatikan lalu mendesak pemerintah setempat untuk menggalakan kembali nilai toleransi, agar hal yang sama tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Polandia, Mariusz Blaszczak, sebelumnya mengeluarkan pernyataan bahwa sejumlah aksi teror di beberapa negara di Eropa merupakan konsekuensi dari sebuah negara yang multikultur.

Sejumlah warga Polandia mendukung pernyataan itu, hingga dengan tegas mereka menolak imigran dari Afrika dan Timur Tengah datang ke Polandia.

“Kami orang Polandia, mayoritas Kristen, dan tidak ada alasan kami harus menyetujui gagasan mereka mendirikan masjid,” kata Malgorzata Szczepanik, seorang warga.

Wili Putra/Katoliknews

Komentar