Uskup Bogor Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM menumpangkan tangan pada empat frater yang ditahbiskan menjadi diakon di Paroki St Markus Depok II Timur, Rabu, 27 Julo 2016. (Foto: Netralnews.com)

Katoliknews.com – Uskup Bogor, Mgr Paskalis Bruno Syukur menahbiskan empat frater menjadi diakon di Gereja Paroki St. Markas Depok II Timur, Jawa Barat pada Rabu 27 Juli 2016.

Keempat frater tersebut semuanya calon imam Keuskupan Bogor, yaitu Frater Agustinus Hardono, Frater Gregorius Agus Edy Cahyono, Frater Jeremias Uskono dan Frater Paulus Piter.

Sebagaimana dilansir Netralnews.com, ini adalah kali pertama upacara tahbisan diakon diadakan di Gereja St Markus sejak gereja itu berdiri 22 tahun yang lalu.

Karena itu, pada awal Misa, Mgr Paskalis mengatakan, Paroki St Markus telah menciptakan sejarah baru melalui tahbisan tersebut.

“Tahbisan ini adalah peristiwa luar biasa, yakni Tuhan memanggil dan umatnya menjawab panggilan tersebut,” katanya.

Dalam kotbahnya, ia mengatakan, para diakon bukan lagi milik keluarga atau orang-orang tertentu, tetapi menjadi milik Allah, untuk melayani Allah dan umat-Nya.

“Kalau mereka memiliki rasa cinta kepada seseorang atau pun umat menaruh cinta kepada diakon tersebut, itu wajar, namun cinta seorang diakon seperti pastor dan uskup tidak hanya untuk satu orang, melainkan untuk Allah dan banyak orang,” katanya.

Upacara tahbisan diakon ini dihadiri pula 60 pastor dari Keuskupan Bogor.

Umat yang hadir pun bukan hanya berasal dari Depok, tetapi datang dari perwakilan 22 paroki di Keuskupan Bogor yang tersebar di wilayah Provinsi Jawa Barat, seperti Bogor, Depok, Cipanas, Sukabumi dan Cianjur serta sebagian di Provinsi Banten.

Yohanes Trisno/Katoliknews

Komentar