Pastor Thom Uzhunnalil SDB

Katoliknews.com – Pada Maret lalu, ramai diberitakan tentang Pastor Tom Uzhunnalil SDB, imam asal India yang diculik dari Yaman oleh pasukan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Hingga kini, Pastor Tom masih belum dibebaskan.Bagaimana keadaan pastor itu saat ini?

Sejauh ini, belum ada informasi yang pasti tentang keadannya. Namun, baru-baru ini, Menteri Luar Negeri (Menlu) India, Sushma Swaraj berjanji akan menjamin keamanan Pastor Tom dan sesegera mungkin membebaskannya.

Saat bertemu dengan Agustinus Kurian, saudara Pastor Tom pada Kamis pekan lalu, 4 Agustus 2016, Swaraj mengatakan mereka sedang melakukan sejumlah upaya.

Saat itu, Kurian menemui Swaraj bersama Sekjen Konferensi Waligereja India, Uskup Theodore Mascarenhas.

Sebagaimana dilansir Ucanews.com, pertemuan tersebut difasilitasi oleh Pastor Jose Mathew, Provinsial SDB di Bangalore, tempat asal Pastor Tom serta Alphonse Kannanthanam, mantan birokrat dan anggota Partai Bharatiya Janata (BJP).

Kurian mengatakan, Pemerintah  India tidak ingin terburu-buru memastikan keberadaan Pastor Tom.

“Salah satu alasan kelambanan adalah fakta bahwa Yaman masih dilanda perang dan India tidak memiliki kedutaan di sana,” katanya.

“Maka, pemerintah harus bekerja melalui kedutaan negara-negara lain. Namun, mereka (pemerintah) berjanji akan melakukan usaha ekstra untuk segera membebaskan saudara saya”, jelas Kurian, mengutip perkataan Swaraj.

BACA: Siapa Pastor Tom SDB, Imam yang Diisukan Bakal Disalib Pada Jumat Agung?

Ia menambahkan, selain pertemuan dengan Menlu India, ia juga akan dipertemukan dengan Uskup Paul Hinder, Kepala Vikariat Apostolik Arabia bagian selatan, yang juga mencakup Yaman, untuk mendapatkan kejelasan lebih lanjut tentang masalah ini.

Pastor Tom diculik 4 Maret 201 dalam sebuah insiden penyerangan oleh ISIS di Yaman, di mana empat orang suster dibunuh bersama empat belas orang lainnya.

Saat itu, kelompok ISIS tidak membunuh Pastor Tom yang sedang bersama para suster. Mereka hanya menculiknya.

Yohanes Trisno/Katoliknews

Komentar