Kepala SMP Pangudi Luhur Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Bruder Yustinus Wahyu Bintarto FIC dalam sosialisasi program kegiatan belajar mengajar di sekolah

Katoliknews.com – Remaja masa kini cenderung bermental ‘cengeng’ terhadap banyak hal.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala SMP Pangudi Luhur Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Bruder Yustinus Wahyu Bintarto FIC dalam sosialisasi program kegiatan belajar mengajar (KBM) tahun ajaran 2016/2017 di sekolah tersebut, Sabtu 6 Agustus 2016 lalu.

Ia mengatakan, mental seperti itu disebabkan karena remaja kerap merasa paling sengsara di dunia ini.

“Mereka sering galau, selalu mendengarkan lagu-lagu yang bernuansa melow, sering update status di jejaring sosial yang isinya cuma curahan hati seperti kalimat-kalimat melankolis, ratapan, keluhan seputar kehidupan pribadinya,” kata Bruder Wahyu.

Oleh karena itu, menurut Bruder asal Kulon Progo ini mesti ada komunikasi yang baik antara orang tua, anak, dan sekolah untuk memperbaiki mental tersebut.

“Orangtua berperan besar dalam mendampingi anak-anaknya untuk meraih masa depan. Maka, harus ada komunikasi yang baik antara orangtua, anak, dan sekolah,” lanjut Bruder Wahyu.

Namun ia menjelaskan “sekolah hanya bisa mendampingi anak selama 3 tahun, sisanya orang tua. Karena itu, orang tua harus memperhatikan situasi-situasi sekarang,” ujarnya.

Sosialisasi program kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun oleh SMP Pangudi Luhur Wedi. Acara itu dihadiri oleh orang tua dan murid.

Laurentius Sukamta/Katoliknews

Komentar