Sosialisasi program KBM tahun ajaran 2016/2017 di SMP Pangudi Luhur Wedi , Sabtu (6/8/2016)

Katoliknews.com – SMP Katolik Pangudi Luhur Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mulai mengembangkan kebiasaan membaca bagi para murid setiap hari Sabtu pagi pada jam pertama.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah SMP Pangudi Luhur Wedi yang juga menangani Bidang Kurikulum, Christiana Retno Prasetyaningsih saat menggelar sosialisasi program kegiatan belajar mengajar (KBM) tahun ajaran 2016/2017 di sekolah tersebut, Sabtu 6 Agustus lalu.

“Pada jam ini, anak-anak diberi waktu untuk membaca apa saja sesuai tema yang telah ditentukan sekolah. Hal itu untuk menumbuhkan minat dan budaya membaca pada diri anak-anak,” kata Retno.

Sementara terkait kurikulum, Retno menjelaskan, berdasarkan Surat Edaran dari Yayasan Pangudi Luhur (YPL) yang berpusat di Semarang, SMP tersebut bakal menggunakan kembali Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

KTSP adalah adalah model kurikulum yang dikeluarkan oleh pemerintah sebagai penyempurnaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Kurikulum ini menghendaki desentralisasi, otonomi, fleksibilitas, dan keluwesan dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

“Penerapan kurikulum ini sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 160 Tahun 2014 yang menyatakan bahwa sekolah yang baru melaksanakan Kurikulum 2013 (K-13) selama satu semester diwajibkan kembali menggunakan Kurikulum KTSP . Sementara sekolah yang sudah melaksanakan K-13 selama tiga semester wajib melanjutkan,” katanya.

Laurentius Sukamta/Katoliknews

Komentar