Uskup Larantuka, Mgr Fransiskus Kopong Kung Pr. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Gaung perayaan Kemerdekaan Republik ke-71 menggema sampai ke ujung timur Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu tampak dengan penyelenggaraan Misa Kemerdekaan oleh Keuskupan Larantuka, yang digembalai Mgr Fransiskus Kopong Kung Pr.

Misa itu digelar di Gereja Reinha Rosari Larantuka, Selasa pagi tadi, 16 Agustus 2016 dan dipimpin Mgr Frans bersama belasan imam konselebran.

Dalam kotbahnya, Ketua Komisi Kerasulan Keluarga Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) itu mengajak umat Katolik di wilayahnya untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Flores Timur (Flotim) pada 2017, yang digelar bersamaan dengan sejumlah daerah lain, termasuk Pemilihan Gubernur di DKI Jakarta.

“Dengan semangat proklamasi, kita sukseskan pemilihan kepala daerah dan wakilnya yang bersih, jujur dan adil menuju Flores Timur yang maju, sejahtera, bermartabat dan berdaya saing,” pesan Mgr Frans, sebagaimana dilaporkan Romo Fransiskus Xaverius Hurint Pr kepada Katoliknews.com, Selasa.

Uskup, kata Romo Xaver, juga menekankan agar umat Katolik tidak hanya aktif dalam berkampanye, tetapi melakukan aksi nyata untuk melayani masyarakat.

“Uskup mengatakan, kampanye cukup sudah, sebab sekarang saatnya action. Pembangunan terjadi kalau ada aksi,” lapor Pastor Pembantu Katedral Larantuka ini.

Dalam Misa itu, hadir juga Penjabat Bupati Flotim, Emanuel Kara, Sekda Flotim, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Flotim, para kepala dinas dan pejabat lainnya.

Ketika diberi kesempatan untuk berbicara, Emanuel menegaskan ulang apa yang disampaikan Mgr Frans.

“Penjabat bupati mengulangi hal yang disampaikan uskup. Mari kita laksanakan kejujuran dan mulailah bekerja keras, tegas dan tangguh dalam mengisi kemerdekaan,” kata Romo Xaver.

Misa yang dimulai pukul 08.00 Wita itu dimeriahkan oleh koor dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO).

Stefan/Katoliknews 

Komentar