Para frater OFM yang mengikrarkan kaul kekal pada Senin, 15 Agustus 2016. (Foto: Facebook Maria Elistia)

Katoliknews.com – Tujuh orang frater Fransiskan atau Ordo Fratrum Minorum (OFM), mengikrarkan kaul kekal pada Senin, 15 Agustus 2016 di Kapel Biara St. Klara, Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Mereka adalah Fr Simao Nono, Fr Philipus Adi Sulistyo, Fr Yohanes Sevi Dohut, Fr Yohanes Epa Prasetya, Fr Leonardus Hendradus, Fr Damianus Asep Cahyono dan Fr Yohanes Boli Tukan.

Ketujuh frater ini mengucapkan janjinya untuk menghayati spiritualitas Fransiskan di hadapan Provinsial OFM Indonesia, Pastor Adrianus Sunarko OFM.

Dalam kotbahnya, Pastor Sunarko mengajak para frater untuk selalu selalu meneladani para rasul, khususnya Simon Petrus, yang dengan berani dan segenap hati mengikuti Yesus.

Hal itu ia sampaikan dalam kaitan dengan teks pilihan para frater untuk acara ini, yakni dari Injil Lukas 5:5, “Karena ENGKAU menyuruhnya, aku akan menyebarkan jala juga.”

Pastor Sunarko menjelaskan, Simon Petrus adalah salah satu murid Yesus yang sering mengalami kegagalan, bahkan pernah menyangkal Yesus.

“Dalam kehidupan bersama pun kita tak luput dari kesalahan,” katanya.

“Namun, sebagaimana Simon Petrus, yang kemudian menyadari kesalahannya lalu bangkit, kita pun harus seperti itu,” lanjut Dosen Teologi Dogmatik Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta itu.

Sementara itu, Feliks Tukan, ayah dari Fr Yohanes Tukan, dalam sambutannya mewakili orang tua dari para frater mengatakan, mereka dengan sepenuh hati menyerahkan anak-anak mereka ke dalam persaudaraan Fransiskan.

Usai Misa, diadakan acara ramah tamah yang disiapkan para frater OFM, di mana ada pementasan monolog, nyanyian dan kronik.

Yohanes Trisno/Katoliknews

Komentar