Pengurus FMKI Klaten Periode 2016-2021 Dikukuhkan

568
Acara pengukuhan pengurus FMKI Klaten periode 2016-2021 pada Minggu, 21 Agustus 2016. (Foto: Laurentius Sukamta)

Katoliknews.com – Pengurus Presidium Daerah Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah periode 2016-2021 dikukuhkan pada Minggu 21 Agustus 2016.

Pengukuhan han ini dilakukan oleh Pastor Moderator FMKI Rayon Klaten, Romo Christophorus Sutrasno Purwanto Pr.

Beberapa pengurus yang dikukuhkan antara lain, Ketua Umum, Robertus Sarwanto; Ketua I (Eksternal), A Alfrit Maryanto; Ketua II (Internal), Christina Sri Andayani; Sekretaris Umum, Yohanes Eko PW; Sekretaris I, HY Wiji; Sekretaris II, V Lily Ekawati; Bendahara I, Emanuella Rudatiningrum dan Bendahara II Antonius Bambang Mulyanto.

Dalam pelaksaan tugas organisasi, mereka akan dibantu oleh bidang data dan informasi, bidang kajian dan analisis dan bidang humas di sembilan paroki di Kabupaten Klaten.

Romo Ch Sutrasno berpesan agar, sebagai warga Gereja, FMKI perlu menyamakan sudut pandang atau persepsi tentang politik.

“Warga Gereja harus berpolitik untuk mewujudkan kesejahteraan bersama atau bonum commune. Karena itu, kita harus saling bersinergi dan bekerjasama,” katanya.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari sembilan Dewan Paroki di Kabupaten Klaten, Orang Muda Katolik (OMK), Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), dan pengurus FMKI dari kabupaten atau kota se-Solo Raya.

Sebelum pengukuhan, ada juga agenda hari studi yang menampilkan dua narasumber, yaitu Ketua Umum FMKI Jawa Tengah, Valentinus Bambang Setyawan dan Jurnalis Metro TV, Yohanes Iwan Purwoko.

Saat memaparkan materi, Valentinus menegaskan pentingnya kerja sama FMKI dengan dewan paroki setempat.

“Bidang pelayanan kemasyarakatan, tim pelayanan kerasulan kemasyarakatan/kerasulan awam dan HAK (Hubungan Antaragama dan Keyakinan) dapat menjadi jaringan kerja FMKI,” katanya.

“Bahkan, personalia dewan paroki bidang terkait secara perorangan dapat menjadi pengurus FMKI,” lanjutnya.

Valentinus, yang juga mantan Ketua Umum FMKI Klaten ini menjelaskan, dalam implementasi program, FMKI bisa bekerja sama dengan dewan paroki.

“Asas sinergitas, subsidiaritas harus menjadi pedoman dalam kerja sama program antara FMKI dan dewan paroki,” tandasnya.

Mantan Anggota DPRD Klaten selama tiga periode ini juga menyatakan, tugas atau program FMKI melekat pada bentuk organisasi FMKI yaitu forum komunikasi, forum informasi, forum pemberdayaan, forum advokasi dan jaringan kerja.

“Program kaderisasi bagi generasi muda dan perempuan Katolik harus menjadi prioritas utama program FMKI. Melalui program kaderisasi, FMKI mempersiapkan pribadi-pribadi yang tangguh dan berintegritas untuk menjadi garam dan terang dunia,” ujarnya.

Mantan Guru SMA Negeri 1 Klaten ini berpesan kepada umat Katolik untuk berupaya melakukan sejumlah prinsip yang diwariska Almarhum Mgr Albertus Soegijapranata, SJ, di antaranya, ‘jangan biarkan orang lain menentukan nasibmu, tanpa kamu terlibat di dalamnya.’

Selain itu, orientasi perjuangan politik umat Katolik harus senantiasa berfokus pada bonum commune atau kesejahteraan umum yang disertai dengan prinsip-prinsip yang etis.

Kontributor Laurentius Sukamta/Katoliknews

Komentar