Seminari Hokeng

Katoliknews- Sejumlah alumni Seminari Hokeng di Keuskupan Larantuka – Flores Timur membentuk Komunitas Sahabat San Dominggo (Sesado) Hokeng. Ini akan menjadi wadah bagi para alumni untuk menyalurkan kepedulian kepada almamater.

Komunitas ini digagas oleh Wakil Ketua DPRD Nusa Tenggara Timur dari Fraksi NasDem, Alexander Take Ofong dan mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang kini menjadi staf ahli Bupati Lembata, Paskalis Tapobali. Kedunya adalah alumni seminari Hokeng.

Kemarin, Rabu 24 Agustus 2016 kedua alumni Sesado ini membuka rekening. Rekening ini  akan menjadi sarana bagi para pastor, pejabat daerah dan umat lainnya yang pernah menimbah ilmu di  Sesado menyatakan solidaritasnya.

“Komunitas alumni itu namanya KOMUNITAS SAHABAT SAN DOMINGGO. Komunitas ini terdiri dari semua orang yang pernah mengenyam pendidikan di Seminari Menengah San Dominggo Hokeng,” kata Paskalis Tapobali kepada Katoliknews.com.

Menurut Paskalis, baik yang menamatkan pendidikan di Sesado maupun yang tidak sempat menamatkan pendidikan di sana, semua dihimpun di Komunitas Sahabat Sesado itu dengan misi yang sama.

Misi yang sama itu, menurut Wakil Ketua DPRD NTT Alex Ofong adalah untuk menopang almamater Sesado dengan berbagai cara sesuai kekuatan dan kemampuan, dan potensi yang dimiliki.

Dalam obrolan dengan Katoliknews.com, Alex Ofong dan Paskalis menyatakan bahwa mereka mencoba menggagas komunitas ini karena bagi mereka, Sesado telah menyemaikan nilai kerajaan Allah dalam diri mereka untuk bisa tampil melayani kebaikan bersama di NTT.

Paskalis juga menambahkan komunitas ini sebagai media untuk membantu perkembangan pendidikan di seminari menengah yang sudah melewati pesta emas itu.

“Kita berbuat apa saja secara sah dan tidak mengikat untuk membantu perkembangan pendidikan di Sesado baik secara kualitas maupun kuantitas dan menumbuhkan semangat panggilan hidup membiara bagi anak-anak kita ataupun masyarakat umum, yang terkesan semakin tahun semakin memudar,” ujar Paskalis.

Dan yang lebih penting lagi menurut Paskalis, komunitas ini akan membantu dan mendorong kemandirian Seminari Menengah San Dominggo.

Wakil Ketua DPRD NTT yang kemarin hadir dalam pembukaan rekening mengharapkan sekiranya hal ini dapat tersosialisasikan sampai ke semua alumni maka akan menjadi sebuah kekuatan penopang almamater yang cukup menjanjikan.

Apalagi menurut data yang digambarkan Kepala Sekolah Seminari Hokeng RD Ssebastian Uran Bala setiap angkatan rata-rata hanya 25% yang meneruskan panggilan hidup menjadi imam dan atau membiara. “Sementara 75% lainnya menjadi awam yang sukses dalam segala bidang,” ujar Romo Sebastian.

Menurut Romo Sebastian para alumni ini, selama ini belum disentuh saja. “Jika telah terkoordinasi dengan baik, maka akan sangat mendukung kemandirian Sesado dan juga perkembangan panggilan di Keuskupan Larantuka dan Gereja Universal,” pungkas Romo yang terkenal bertangan dingin mengelolah SMU Katolik lainnya di Keuskupan paling timur Flores itu.

Stefan/Katoliknews.com

Komentar