Regu penyelamat di antara puing-puing bangunan akibat gempa Amatrice/Foto:CNN

Katoliknews.com – Gereja bekerjasama dengan pemerintah Italia melakukan tindakan darurat membantu pemulihan situasi pasca gempa di Amatrice, Italia Tengah.

Sebagaimana dilansir Wsj.com, tindakan tersebut dimulai dari mengumpulkan para Pastor untuk memimpin misa di beberapa tenda pengungsian yang menampung lebih dari 2.500 orang.

Kemudian menggelar upacara pemakaman jenasah korban yang dilakukan pada Sabtu 27 Agusutus lalu. Saat itu, Presiden Italia, Sergio Mattarella dan Perdana Menteri, Matteo Renzi turut menghadiri upacara itu.

Lebih lanjut Pemerintah juga menggalang dana amal dan menyiapkan dana lain sekitar $ 56 Miliar atau setara hampir Rp 700 Triliun untuk membangun kembali kota tersebut.

Hal yang sama juga dilakukan oleh sejumlah restoran di Italia. Restoran-restoran itu menyumbangkan dana dari  penjualan pasta all’amatriciana. Pasta tersebut adalah makanan khas dari kota Amatrice.

Gempa sebesar 6.2 SR mengguncang daerah itu pada Rabu 24 Agustus lalu. Diperkiaran sebanyak 292 orang tewas dalam bencana itu.

Roby Sukur/Katoliknews

Komentar