Ilustrasi

Katoliknews.com – Sebanyak seribu polisi akan dikerahkan untuk menjaga keamanan selama tahbisan Uskup Malang, Mgr Henricus Pidyarto Gunawan OCarm, yang akan digelar di Stadion Gajayana, Kota Malang, Sabtu, 3 September 2016, pukul 08.00 WIB.

Kapolres Malang Kota, AKBP Decky Hendarsono mengatakan, mereka akan melibatkan personel dari Polres Malang Kota, Polres Malang, Polres Batu dan Satuan Brimob Polda Jatim.

Pengamanan kegiatan ini, kata dia, mirip dengan pengamanan ketika digelar Harlah Muslimat NU di tempat yang sama beberapa bulan lalu.

“Nanti skemanya sama seperti ketika Harlah Muslimat kemarin. Sejauh ini tamu penting yang hadir adalah Dubes Vatikan untuk Indonesia,” ujar Decky, Rabu, 31 Agustus 2016.

Upacara pentahbisan diperkirakan akan dihadiri oleh 7.000 umat Katolik.

Decky mengklaim, situasi Kota Malang terkendali menjelang pelaksanaan kegiatan itu.

Sebagaimana diketahui, Paus Fransiskus mengangkat Pastor Pidyarto, yang adalah pakar Kitab Suci, menjadi Uskup Malang pada 28 Juni 2016.

Dosen di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Widya Sasana, Malang itu menggantikan Uskup Herman Joseph Sahadat Pandoyoputro OCarm, yang telah mengundurkan diri karena ia sudah memasuki usia pensiun, 75 tahun.

Pidyarto akan akan memimpin 82.634 umat Katolik yang tersebar di 29 paroki di Keuskupan Malang.

Edy/Katoliknews

Komentar