Suster Margaretha AK saat membuka parenting PAUD Santa Theresia Wedi (Foto: Laurentius Sukamta/Katoliknews)

Katoliknews – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Santa Theresia Wedi, Kabupaten Klaten mengadakan kegiatan parenting yang digelar di GOR Desa Gadungan, Kecamatan Wedi, Sabtu 3 September 2016.

Parenting yang diikuti sekitar 150 orangtua ini mengusung tema “Pentingnya komunikasi dalam pengasuhan”. Bertindak sebagai narasumber parenting adalah Pengurus Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Provinsi Jawa Tengah Benyamin Agustinus.

Kepala PAUD Santa Theresia Wedi Suster Maria Margaretha AK menyampaikan, tujuan parenting ini agar terjalin kerjasama yang baik antara sekolah dan orangtua dalam mendampingi dan mengasuh anak-anak. Selain itu, juga untuk memberi bekal pengetahuan dan pemahaman kepada para orangtua bagaimana cara mendidik anak dengan baik dan benar.

“Khususnya dalam komunikasi bahasa tubuh dan kata-kata yang baik dan yang perlu dipakai atau disampaikan kepada anak-anak. Jadi, agar ada kesepakatan bersama antara orangtua dan para guru mengenai bahasa tubuh dan kata-kata yang digunakan dalam mendampingi  dan mengasuh anak-anak,” kata suster.

Dalam parenting ini, Benyamin Agustinus memaparkan materi mengenai mendidik anak dalam komunikasi yang ramah dan peduli anak. Menurutnya, orangtua perlu mewaspadai gaya-gaya berkomunikasi.

“Orangtua jangan membiasakan diri untuk memerintah, meremehkan, dan membandingkan anak. Karena membandingkan dengan anak lain dapat membuat anak merasa tidak memiliki kemampuan, yang dapat mengakibatkan rasa percaya dirinya menurun,” pesan Benny.

Kegiatan parenting ini tanggapi positif oleh para orangtua anak yang bersekolah di PAUD Santa Theresia Wedi. “Kegiatan seperti ini baik dan bermanfaat bagi para orangtua. Karena kami mendapat banyak pengetahuan bagaimana cara mendidik anak secara baik dan benar, terutama dalam hal berkomunikasi dengan anak-anak,” ujar salah seorang peserta parenting.

Laurentius Sukamta/Katoliknews

Komentar