Uskup Agung Medan, Mgr Anicetus Bongsu Sinaga. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Uskup Agung Medan, Mgr Anicetus Sinaga OFMCap mengatakan, keluarga hendaknya menjadi teladan iman dan menjadikan Kitab Suci sebagai sumber inspirasi.

Ia menyampaikan hal itu pada Rabu, 7 September dalam kesempatan Sinode VI Keuskupan Agung Medan di Nagahuta Simalungun, yang mengambil tema “Keluarga Sebagai Gereja Mini.”

Uskup juga berpesan agar orangtua hendaknya menjadi katekis perdana atau guru iman perdana bagi anak-anak.

Sinode ini membicarakan berbagai pergumulan maupun refleksi kehidupan Gereja yang ada di tengah-tengah keluarga Katolik.

Peserta sinode mencapai 298 orang yang terdiri dari pastor, suster, bruder dan tokoh awam.

Pada acara pembukaan sinode, hadir Dirjen Bimas Katolik, pejabat yang mewakili Gubernur Sumatera Utara, Bupati Kabupaten Simalungun, para pejabat sipil, TNI dan Polri Kabupaten Simalungun, Ketua dan anggota FKUB Provinsi Sumatera Utara serta pimpinan semua agama.

Dalam sambutannya, Dirjen Bimas Katolik, Eusabius Binsasi mengapresiasi pelaksanaan sinode yang menghadirkan semua pimpinan agama dan pemerintah sebagai implementasi tri-kerukunan umat beragama.

Ia juga mengapresiasi sikap memaafkan dan mengampuni dari umat Katolik di Provinsi Sumatera Utara atas peristiwa percobaan bom bunuh diri di Gereja Katolik Stasi St Yosef Medan, pada 28 Agustus lalu.

Sikap tersebut dinilai Eusabius disebut sebagai bentuk kematangan atau kedewasaan iman.

Edy/Katoliknews

Komentar