Perarakan Salib IYD 2016 di Manado. (Foto: Beritamanado.com)

Katoliknews.com – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandouw pada Selasa 13 September mengatakan bahwa pemerintah mengapresiasi acara Indonesian Youth Day (IYD) 2016 yang bakal digelar di Manado, pada 1 hingga 6 Oktober mendatang.

Sebagaimana dilansir Beritamanado.com, Kandouw menjelaskan, acara IYD ini sungguh mempererat persaudaraan antar sesama dan rasa saling menghormati antar umat beragama di Manado.

“Sulawesi Utara diharapkan menjadi contoh kerukunan bagi daerah lain yang ada di Indonesia. Semua elemen masyarakat juga diminta untuk mendukung acara besar ini agar bisa terlaksana sukses dan membawa harum nama Sulawesi Utara di mata Internasional,” kata Kandouw.

Oleh karena itu, kata dia, acara empat tahunan ini juga mendapat dukungan penuh dari Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

Kandouw sendiri bakal ambil bagian dalam perarakan Salib IYD menuju Paroki Yesus Gembala Yang Baik, Rike, Manado yang akan diadakan minggu depan.

“Kesempatan itu nantinya akan menjadi sebuah kehormatan bagi saya pribadi dan keluarga. Sudah pasti pengalaman membawa Salib IYD akan menjadi bagian dari kesaksian hidup. Bagaimanapun bentuk sebuah salib termasuk Salib IYD, itu adalah identitas kekristenan kita umat yang mengimani Yesus Kristus,” katanya.

Dalam perarakan itu nantinya, Kandouw  bakal didampingi oleh Uskup Manado Mgr Joseph Suwatan MSC bersama Pastor Paroki dan umat.

Salib akan dijemput di depan Gedung Manado Post Centre, lalu akan diarak menuju Gereja Yesus Gembala Yang Baik yang berjarak sekitar 200 meter dari tempat itu.

Acara puncak IYD diperkirakan bakal diikuti oleh sebanyak 2.258 Orang Muda Katolik (OMK) dari seluruh Indonesia.

Roby Sukur/Katoliknews

Komentar