Gereja Katolik St. Paulus Paroki Kleco, Solo.

Katoliknews.com – Seorang tak dikenal mencuri dua Sibori dari Tabernakel di Gereja St. Paulus Paroki Kleco, Solo, pada 18 September 2016, sekitar pukul 01.30 WIB.

Sebagaimana disampaikan dalam laporan tertulis oleh Pastor Paroki Kleca Agustinus Suwartana Susilo MSF, dijelaskan bahwa motif pelaku hingga saat ini belum jelas. Namun, kata dia, ada beberapa hal yang tidak pantas terjadi dalam insiden tersebut.

“Orang tak dikenal ini membuat tulisan-tulisan dalam bahasa Inggris di dinding tabernakel dan dinding tembok di sekitar tabernakel dengan spidol warna hitam,” kata Pastor Susilo.

“Pencuri mengeluarkan satu sibori dan sebuah sibori ‘piksis’ (sibori khusus berisi hosti besar) dari ruang dalam tabernakel dan kemudian meletakkannya di meja di depan tabernakel,” lanjutnya.

Pastor Susilo juga mengatakan, pencuri kemudian menutup kembali tabernakel tersebut, namun kunci tabernakelnya dibawa pergi.

Selain benda-benda rohani, lanjutnya, beberapa barang-barang milik satpam gereja juga hilang dalam insiden itu.

Kejadian itu baru diketahui pada pukul 02.00 WIB. Kemudian satpam melaporkannya kepada pastor paroki yang saat itu masih tinggal di Pastoran Jajar. Pasalnya para pastor dari Paroki Kleca diketahui masih tinggal di Jajar untuk sementara waktu karena Pastoran Kleca masih direnovasi.

Sementara itu, usai kejadian tersebut perayaan ekaristi mingguan di Gereja Kleca pada pukul 05.30 dan 07.30 WIB tetap berjalan tertib dan normal.

Roby Sukur/Katoliknews

Komentar