Kepala SMP Pangudi Luhur Wedi, Bruder Yustinus Wahyu Bintarto FIC saat memberikan materi LKTD OSIS. (Foto: Laurentius Sukamta)

Katoliknews.com – SMP Pangudi Luhur Wedi, Kabupaten Klaten mengadakan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) bagi para pengurus OSIS yang baru di sekolah itu.

Pelatihan digelar pada Sabtu-Minggu, 17-18 September 2016.

Kepala SMP Pangudi Luhur Wedi Bruder Yustinus Wahyu Bintarto FIC mengatakan, LKTD ini merupakan rangkaian kegiatan kesiswaan SMP Pangudi Luhur Wedi yaitu pemilihan, pembekalan, pelatihan, dan pelantikan bagi para pengurus OSIS baru.

Tujuannya, kata dia, gar para pengurus OSIS yang baru mempunyi jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab, disiplin, tegas dan bijaksana.

Bruder Wahyu menjelaskan, pada hari pertama (Sabtu), materi LKTD mengenai kepemimpinan atau leadership, organisasi OSIS, ruang lingkup OSIS, job deskripsi kepengurusan OSIS, latihan membuat proposal kegiatan dan laporan pertanggungjawaban, serta diakhiri dengan renungan dan doa malam.

“Sedang pada hari kedua (Minggu), LKTD diisi dengan outbond, pemaparan program kegiatan sekolah yang berhubungan dengan kegiatan kesiswaan, pembuatan dan presentasi program kerja OSIS tahun 2016/2017, serta pelatihan jurnalistik dan mading (majalah dinding),” paparnya.

LKTD ini disambut baik oleh para peserta.

“Saya merasa senang dan bersyukur bisa mengikuti LKTD selama dua hari ini. Karena dalam LKTD ini saya mendapat banyak hal seperti pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman berorganisasi, khususnya  mengenai OSIS,” ucap Yosef Bergas Rosarianto, peserta LKTD pengurus OSIS SMP Pangudi Luhur Wedi.

Kontributor Laurentius Sukamta/Katoliknews

Komentar