Paus Fransisku saat mengunjungi Unit Gawat Darurat dan Unit Neonatal di Rumah Sakit San Giovanni Roma, Jumat 16/9/2016

Katoliknews.com – Paus Fransiskus melakukan kunjungan ke Unit Gawat Darurat dan Unit Neonatal di Rumah Sakit San Giovanni Roma, pada Jumat 16 September lalu.

Kunjungan ini merupakan bagian dari agenda Mercy Friday  selama Tahun Kerahiman Allah.

Sebagaimana dilansir Radio Vatikan, Paus Fransiskus mengatakan bahwa dengan cara ini ia berharap semua orang bisa menghargai martabat kehidupan, sejak kelahiran hingga ke­matian.

“Kita mesti peduli, apalagi kepada mereka yang lemah dan menderita,” kata Paus Fransiskus.

Menurut laporan, usai mengenakan baju rumah sakit berwarna hijau, saat itu pemimpin umat Katolik sedunia tersebut lalu menuju Unit Neonatal dan berdiri di samping inkubator, dimana ada 12 bayi yang baru lahir.

Lima di antara bayi­-bayi itu menderita kelainan serius, termasuk sepasang bayi kembar. Ia kemudian memberkati dan menyapa bayi-bayi itu, hingga menggendong mereka dalam pelukannya.

Setelah itu, Paus lalu mengunjungi 30 pasien yang menderita sakit parah di Villa Speranza Hospice, di sebelah utara Roma, bagian dari Gemelli University Hospital Foundation.

Sebelumnya, Paus Fransiskus menyapa dan mengunjungi orang miskin, perantau, dan lanjut usia. Ia juga berkunjung ke pusat rehabilitasi narkoba dan alkohol, rumah tinggal bagi para imam lanjut usia, dan rumah singgah bagi perempuan yang menjadi korban perdagangan manusia dan prostitusi.

Roby Sukur/Katoliknews

Komentar