Katoliknews.com – Badan amal Katolik Caritas cabang Polandia sejak bulan Juli hingga 9 Oktober mendatang melelang tiga mobil yang biasa digunakan Paus di Polandia.

Menurut perwakilan dari Caritas Polandia, Agnieszka Homan, pelelangan ini dilakukan untuk menggalang dana bagi para pengungsi.

“Sesuai dengan keinginan Paus Fransiskus, keuntungan (dari pelelangan) akan digunakan untuk membeli mobil ambulans guna merawat para pengungsi Suriah di Lebanon,” ujar Agnieszka Homan.

Tiga mobil yang dilelang, kata dia, yakni mobil VW Golf dengan pelat nomor ‘KI POPE’, ‘K2 POPE’ dan ‘K3 POPE’ dan dilengkapi dengan sertifikat berisikan rute yang pernah dilalui Paus Fransiskus.

Agnieszka Homan juga mengatakan bahwa ada mobil yang paling diincar dengan penawaran tertinggi, yakni sebesar 9.300 euro atau 135,34 juta rupiah.

Mobil itu sering digunakan Paus untuk melakukan perjalanan dari Kota Krakow, Polandia selatan ke biara Jasna Gora yang adalah tempat keberadaan Madonna Hitam, relik Bunda Maria yang diyakini melakukan mukjizat.

Sementara dua mobil lain biasanya digunakan untuk berkeliling Krakow dan mengunjungi kamp eksekusi Nazi Jerman Auschwitz.

Sebelumnya pelelangan sempat digelar dalam festival hari Pemuda Dunia Gereja Katolik pada hari Senin 26 September.

Roby Sukur/Katoliknews

Komentar