Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Ist)

Manado, Katoliknews.com – Menteri Agama, Lukman Hakim Syafuddin dan Duta Besar Vatikan Mgr Antonio Guido Filipazzi dipastikan akan hadir dalam upacara resmi pembukaan Indonesia Youth Day (IYD) di Manado, Sulawesi Utara pada hari ini, Selasa, 4 Oktober 2016.

Selain keduanya, juga akan hadir Gubernur Sulut, Olly Dondokambey yang masing-masing akan memberi sambutan.

Hal itu ditegaskan Pastor John Montolalu, ketua panitia IYD.

Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, pada hari ini, 2.192 Orang Muda Katolik (OMK) akan berkumpul di Manado, setelah sejak 1 Oktober mereka mengikuti kegiatan live in di 38 paroki.

Pada sore hari pukul 15.00 Wita, aka nada perarakan salib dari Lapangan Koni Sario menuju Stadion Kalabat di kota Manado, di mana kemudian akan digelar Misa. Acara akan berlanjut hingga tengah malam nanti.

IYD 2016 mengangkat tema “Orang Muda Katolik Sukacita Injil di Tengah Masyarakat Indonesia yang Majemuk,” di mana OMK diajak untuk semakin menginternalisasi semangat saling menghargai, toleransi dan kesadaran untuk membangun persaudaraan dalam lingkungan sosial yang inklusif.

Mgr Pius Riana Prapdi, Ketua Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menyatakan dalam konferensi pers, Senin kemarin, IYD merupakan ajang bagi OMK untuk merayakan perbedaan dan mensyukuri kehidupan.

Ia pun berharap, pasca IYD ini, mereka menunjukkan “kerelaan untuk saling membantu dan keegoisan diredam.”

Sementara itu, Uskup Manado, Mgr Joseph Suwatan MSC mengatakan, masyarakat Manado menerima hangat kedatangan para OMK dari segala penjuru Indonesia.

Acara masih akan belanjut hingga Kamis, 6 Oktober, di mana esok, 5 Oktober para OMK akan dibekali oleh 24 uskup terkait pandangan Gereja terhadap sejumlah aspek dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

“OMK akan mendapat penjelasan terkait sikap gereja terhadap politik, ekonomi, perkembangan ilmu pengetahuan dan aspek-aspek lain,” kata Pastor John.

Katoliknews

Komentar