Uskup Agung Medan, Mgr Anicetus Bongsu Sinaga. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Uskup Agung Medan, Mgr Anicetus Sinaga mengingatkan umat Katolik untuk tidak menjual tanah, sehingga mereka kemudian tidak menjadi orang asing di daerah mereka sendiri.

“Jangan diperjualbelikan, silahkan disewakan. Tentunya dengan batas waktu atau dapat juga dipinjamkan,” kata Mgr Sinaga dalam seminar menyambut Hari Pangan, Minggu, 16 Oktober 2016.

Menurutnya, jika tanah tidak dijual, maka sumber penghasilan dan juga kearifan lokal akan tetap terjaga.

Ia menyampaikan hal itu, merespon kian santernya kabar terkait transaksi tanah, khususnya di wilayah Danau Toba, menyusul adanya upaya peningkatan potensi wisata itu lewat Badan Otorita Danau Toba.

“Pariwisata juga dapat digalakkan dengan mempertahankan kebudayaan lokal tanpa harus melepaskan hak rakyat,” kata Mgr Anicetus.

Dalam acara itu juga dilakukan penaburan ikan di Danau Toba, dengan harapan ikan-kan tersebut dapat berkembang biak dan berkontribusi bagi peningkatan sumber penghasilan masyarakat, khususnya nelayan.

Ikan berjumlah 20.000 ekor itu merupakan sumbangan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara kepada Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Medan.

Katoliknews

Komentar