Lukas Chrisantyo, dosen Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta saat menjadi pembicara dalam seminar pendidikan di aula Gereja Maria Assumpta Klaten, Selasa, 25 Oktober 2016. (Foto: Laurentius Sukamta)

Katoliknews.com – Orang Muda Katolik (OMK) perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan alat informasi dan teknologi (IT), demikian kata Lukas Chrisantyo, dosen Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta saat menjadi pembicara dalam seminar pendidikan di aula Gereja Maria Assumpta Klaten, Selasa, 25 Oktober 2016.

Seminar bertema “OMK Yang Joyfull” ini diikuti oleh pelajar Katolik se-Kabupaten Klaten. Seminar ini juga merupakan rangkaian kegiatan Kirab Salib Asian Youth Day (AYD) 2017 yang diadakan di Paroki Klaten pada tanggal 21-28 Oktober 2016.

Lukas menjelaskan, OMK harus dapat menguasai IT. Caranya, kata dia, dengan belajar dari buku, belajar dari internet, selalu meng-update pengetahuan terbaru, dan selalu berpikir kreatif, tentang bagaimana IT bisa membantu dan memudahkan hidup kita.

“Dan yang penting, jangan lupakan real social life, jangan hanya virtual social life saja,” pesannya.

Ia mengingatkan, bagi mereka yang tidak berpendidikan formal janganlah khawatir.  “Karena ada banyak lembaga informal gratis,” jelasnya.

Lukas menyarankan, bagi mereka yang menguasai IT tidak harus bekerja di perusahaan.

“Bekerja tidak hanya di perusahaan. Bisa juga melakukan start up sendiri. Dengan modal kreatifitas, kita bisa menghidupi diri sendiri,” katanya.

Ia memaparkan bahwa banyak contoh orang yang bisa sukses karena menguasai IT, seperti Mark Zuckerberg (pendiri Facebook), Bill Gates (pendiri Microsoft), Nadiem Makarim (pendiri Go-Jek) dan sebagainya.

Laurentius Sukamnta/Katoliknews

Komentar