Seminar diselingi dengan acara kreativitas OMK Wedi

Katoliknews.com – Orang Muda Katolik (OMK) Santo Sylvester Paroki Santa Maria Bunda Kristus Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menggelar seminar bertema “Orang Muda Bersukacita Mengubah Dunia” di SMP Pangudi Luhur Wedi, Minggu 13 November 2016 lalu.

Seminar ini diadakan sebagai rangkaian kegiatan perarakan Salib Asian Youth Day (AYD) atau Pertemuan Orang Muda Katolik se Asia ke-7 tahun 2017 yang bakal diadakan di Keuskupan Agung Semarang.

Narasumber acara ini adalah Motivator Bebet Darmawan dan Ketua Komisi Kepemudaan (Komkep) Kevikepan Surakarta, Pastor Romualdus Subiyantoro Pr.

Berbicara kepada Katoliknews.com, Bebet Darmawan mengatakan bahwa acara AYD nantinya mesti dapat membangkitkan sikap nasinalisme dan patriotisme. Nasionalisme, kata dia, adalah paham mencintai bangsa dan negara sendiri, sementara patriotisme ialah wujud cinta dan rela berkorban untuk bangsa.

“Perwujudan rasa nasionalisme dan patriotisme sekarang ini bukan lagi dalam konteks perang. Tetapi bagaimana kita dapat mengharumkan nama bangsa dan negara,” kata Bebet Darmawan.

Lebih lanjut Pastor Romualdus menjelaskan bahwa tema AYD 2017 adalah Joyful Asian Youth! Living the Gospel in Multicultural Asia (Orang Muda Katolik Asia yang Bersukacita, Menghayati Injil dalam Asia yang Beraneka Budaya).

“Kegiatan AYD ini akan diselenggarakan pada tanggal 30 Juli sampai 9 Agustus 2017 di Yogyakarta,” jelas Pastor Romualdus.

Seminar ini diikuti sekitar 50 orang muda. Mereka berasal dari Paroki Wedi, Paroki Administratif Bayat, Paroki Wonogiri, dan jemaat Gereja Kristen Jawa (GKJ) Wedi.

Laurentius Sukamta/Katoliknews

Komentar