P

Katoliknews.com – Ribuan warga yang berasal dari berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Klaten,  mengikuti apel Gerakan Nasional Nusantara Bersatu yang diadakan di Alun-Alun Klaten, Rabu, 30 November 2016.

Apel itu berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 09.40 WIB, yang diikuti oleh berbagai elemen seperti arapat TNI dan Polri, siswa, anggota pramuka, organisasi kemasyarakatan, santri pondok pesantren, tokoh agama, tokoh masyarakat serta pejabat Pemkab Klaten.

Dengan mengusung tema “Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersatu Dalam Bhinneka Tunggal Ika” apel ini ditujukan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Apel diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Selanjutnya, pembacaan Ikrar Setia menjaga kebhinnekaan dan keutuhan NKRI yang dipimpin oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Klaten H Hartoyo, yang didampingi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Klaten H Syamsudin Asyrofi, serta tokoh agama lain seperti dari Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Aliran Kepercayaan.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu-lagu nasional untuk menyemangati peserta apel.

Ada juga penampilan Tarian Nusantara bertajuk “Damai Dalam Kebhinekaan” yang dibawakan oleh 17 siswa SMP Pangudi Luhur 1 Klaten, Drum Band dari SMK Muhammadiyah 2 Jatinom, serta Drum Band dari Gita Al Pansa Pondok Pesantren Al Muttaqien Pancasila Sakti dari Dukuh Sumberejo Wangi, Desa Troso, Kecamatan Karanganom.

Pondok Pesantren Al Muttaqien Pancasila Sakti ini didirikan oleh Almarhum Kyai Haji Muslim Rifa’i Imam Puro atau Mbah Lim.

Apel tersebut juga diisi dengan orasi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten Jaka Sawaldi yang mewakili bupati, dilanjutkan pembacaan puisi oleh Yheny Rahmani siswa SMKN 1 Klaten (juara 1 lomba baca puisi Kodim) berjudul “Indonesia Kita” yang merupakan karyanya sendiri, dan disusul Windi Mahyuni ( juara 3 lomba baca puisi Kodim) bertajuk Pangeran Diponeoro karya Chairil Anwar.

Suasana menjadi semakin hangat dan penuh heroik ketika Kapolres Klaten, AKBP M Darwis dan Dandim 0723 Klaten Letkol Inf, Bayu Jagat mengajak peserta apel untuk menyanyikan lagu-lagu perjuangan yang disertai yel yel semangat untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

Dalam apel itu, Ketua FKUB Klaten H Syamsudin Asrofi dan Ketua MUI Klaten H Hartoyo juga menyampaikan orasi yang mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu menjaga NKRI.

Laurentius Sukamta/Katoliknews

Komentar