Ilustrasi. (Foto: Ist)

Katoliknews.com – Natal dan Tahun Baru memang masih beberapa minggu lagi.

Tapi, Anda tentu sudah melakukan berbagai persiapan, misalnya membeli busana atau makanan.

Desember pun menjadi bulan yang paling boros karenanya. Agar tahun ini pengeluaran tidak terlalu banyak, berikut enam tips yang bisa Anda terapkan, sebagaimana dilansir Kabarna.id:

Manfaatkan Kartu Debit/Kredit

Sejumlah bank biasanya memberikan potongan harga untuk transaksi dengan kartu debit atau kredit. Supaya pengeluaran bisa diredam, tak ada salahnya untuk memanfaatkan promo tersebut bahkan ketika Anda tidak pernah menggunakannya sebelumnya.

Meski hanya 5% atau 10%, potongan harga itu cukup bisa mengurangi pengeluaran berlebih.

Gunakan Kartu Loyalty

Jika kartu kredit atau debit Anda tidak bisa memberikan keuntungan, coba gunakan kartu keanggotan supermarket atau mini market saat beli makan.

Jika Anda sudah punya poin banyak, tukarkan saja dengan produk yang memang dibutuhkan. Jika begitu, Anda akan mendapat dua keuntungan yakni potongan harga dan bonus produk.

Beli Online

Display busana di gerai-gerai atau department store memang menggoda kita untuk mampir dan membelinya. Namun agar bisa berhemat, hindari mencari pakaian baru di pusat perbelanjaan. Dilansir Cosmopolitan, disarankan agar Anda membelinya di situs belanja online. Biasanya ada opsi serupa yang ditawarkan dengan harga lebih murah.

Selain itu, Anda juga bisa lebih menghemat biaya trasnportasi atau bensin karena ongkos kirim belanja online tidak terlalu mahal. Jika bisa cari situs belanja yang menjanjikan gratis ongkos kirim.

Belanja di 12/12

Untuk Anda yang ingin belanja online, tunggu sampai tanggal 12 Desember mendatang. Bukan karena bertepatan dengan hari libur namun momen 12/12 yang merupakan harbolnas (Hari Belanja Online Nasional).

Biasanya sejumlah situs belanja online akan memberikan diskon yang lebih besar.

Batasi Belanja Makanan

Perayaan Natal dan Tahun Baru rasanya kurang lengkap tanpa makanan spesial. Karenanya, tak sedikit keluarga yang membeli daging dan sayur untuk barbeque serta camilan-camilan untuk menunggu pergantian tahun. Coba amati kebutuhan tahun lalu dan hindari membeli terlalu banyak.

Organisir

Berencana membelikan orang tersayang hadiah untuk Natal? Jangan pergi mencarinya tanpa daftar dan perencanaan. Hal ini penting dilakukan agar Anda tidak boros karena membeli terlalu banyak. Terapkan pula hal yang sama ketika membeli bahan makanan.

Kabarna.id/Katoliknews

Komentar