Jakarta, Katoliknews.com – Polda Metro Jaya telah menyiapkan rencana pengamanan kegiatan ibadah dan perayaan Natal di Ibu Kota Jakarta.

Semua gereja bakal mendapatkan prioritas pengamanan.

“Setiap tahun kita punya SOP (standar operasional prosedur) dan kerja sama dengan pengurus gereja. Kita akan bersama-sama mengamankan kegiatan ibadah atau misa,” ujar Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suntana di Mapolda Metro Jaya, Jumat, 16 Desember 2016.

Dikatakannya, pengamanan tidak hanya pada tanggal 24 dan 25 Desember. Karena ada beberapa gereja yang telah melakukan ibadah dan perayaan mulai tanggal 22 Desember sampai tahun baru.

“Beberapa kemungkinan yang terjadi seperti ancaman kejahatan dan ancaman terorisme sudah kita pikirkan. Polisi akan melakukan langkah-langkah yang kira-kira dapat dilakukan pencegahan agar hal itu tidak terjadi,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, ada sekitar 400-an gereja yang akan melaksanakan ibadah, termasuk kegiatan keagamaan di beberapa tempat atau ruang pertemuan sesuai dengan perijinan. Semuanya mendapat prioritas pengamanan.

“Semua gereja prioritas sama akan diberikan pelayanan pengamanan. Makanya, para Kapolres sudah bertemu dengan mereka bagaimana gereja-gereja harus dilakukan pengamanan,” katanya.

“Tentu, prioritasnya satu gereja yang memang jemaatnya cukup banyak, itu juga kita harus mengatur parkir dan kegiatan. Kemudian, berapa kegiatan gereja yang mungkin jauh dari kantor polisi itu juga dapat pengawalan dan pengamanan seperti biasa. Pada prinsipnya semua gereja dan lokasi ibadah akan mendapatkan pelayanan dari kepolisian,” tambahnya.

Menurutnya, polisi juga akan melakukan sterilisasi di beberapa gereja. “Kita sesuaikan waktu. Kami sesuaikan jadwal gereja sepanjang ini dilakukan satu jam atau dua jam sebelum ibadah atau misa,” tandasnya.

Katoliknews

Komentar