Katoliknews.com – Tahun baru kian dekat, dan seperti kebanyakan orang, kita umat katolik pun disibukkan dengan resolusi yang akan kita capai tahun depan. Target-target tinggi terus kita tulis agar kita bersemangat untuk mengejarnya. Ibarat punuk merindukan bulan, sering kali target-target ini tidak tercapai dan menjadi target yang terus diulang dari tahun ke tahun.

Nah, bosen dengan resolusi yang itu-itu ajaKatolik Kepo merangkum resolusi-resolusi yang bisa kamu masukkan dalam daftar resolusimu untuk tahun 2017!

  1. Membaca Injil Harian

Resolusi pertama yang bisa kamu pilih adalah membaca Injil Harian. Well mungkin masih banyak yang ga sadar kalau Gereja Katolik itu memperhatikan kebutuhan kita setiap hari!

Ya, 365 hari setahun kita selalu disuguhi bacaan Injil yang sudah terpola dengan sangat baik. Jadi  Resolusi pertama ini adalah: membaca bacaan Liturgi  (entah hanya Injil saja, atau lengkap dengan bacaan I ,mazmur  dan bacaan II)

Gimana cara memulainya? Yang paling gampang kamu bisa mendengarkan Daily Fresh Juice yang tersedia di sini atau kamu bisa unduh aplikasi gratis bernama eKatolik di Playstore atau Appstore kamu. Ini buat kamu yang punya gadget dan punya kuota! Tapi buat kamu yang mungkin sinyalnya masih jelek, jangan berkecil hati. Kamu bisa beli buku renungan harian katolik seperti: Ziarah Batin yang memuat bacaan Injil harian plus renungan  (pesan disini), Inspirasi Batin yang lengkap banget memuat bacaan 1, Mazmur tanggapan, Bacaan II , Bacaan Injil plus renungan, Ruah yang diterbitkan oleh ordo Karmel Indonesia (pesan disini)  atau Treasuring Womanhood yang merupakan renungan harian wanita katolik pertama dan satu-satunya di Indonesia (pesan disini).

Buat kamu para OMK kamu juga bisa memilih membaca renungan harian yang diterbitkan khusus untuk anak muda seperti : Oase Rohani yang ditulis dibawah arahan Komisi Kepemudaan KWI (pesan disini) atau Imago Dei (pesan disini).

Nah buat kamu yang masih terhambat, sinyal jelek, pesen online males, mendingan kamu cari kalender yang diterbitkan oleh Paroki deh. Biasanya kalender yang dicetak oleh Institusi Katolik akan disisipkan catatan Bacaan harian, dan kamu tinggal buka Alkitab kamu (helooo, masa Alkitab kamu ga punya?) sesuai dengan ayat pada hari itu. Gimana? Resolusi ini hanya membutuhkan komitmen untuk meluangkan waktu 10-15 menit perhari (sebaiknya pada pagi hari). Gampang kan?

  1. Tentukan komunitasmu

Ada banyak komunitas katolik di parokimu, tetapi kamu masih cuek bebek?  Kamu masih jadi katolik yang datang misa minggu, lalu muncul lag di misa minggu lainnya? Oh No! Bukankah Yesus sendiri mengajar kita bersekutu bersama?

Hidup dalam komunitas-komunitas entah itu kategorial, ataupun teritorial. Kamu bisa memulai mencari tahu kegiatan komunitas katolik di parokimu. Entah itu Komunitas doa seperti Legio Maria, Persekutuan Doa Kharismatik, Taize, Meditasi Kristiani, Kerahiman Ilahi. Atau Komunitas pergerakan seperti CHOICE, Marrige Encounter, WKRI, PMKRI atau Pemuda Katolik. Atau komunitas pelayanan seperti: Pelayan Altar, Lektor, Pemazmur, Organis dan  Pembina BIA atau BIR. Intinya, temukan komunitas tempat dimana kamu bisa bertumbuh dalam saudara-saudara seiman.

Baca resolusi selanjutnya di Katolikkepo.com, dengan cara klik di sini: 9 RESOLUSI TAHUN BARU SETIAP UMAT KATOLIK HARUS COBA

Komentar