Brazil Kehilangan 9 Juta Umat Katolik dalam Dua Tahun

520
Patung Yesus di Rio de Janeiro, Brazil (Foto: Church Militant)

Katoliknews.com – Negara terbesar di Amerika Latin, Brazil diprediksi bukan lagi merupakan negara dengan Umat Katolik terbanyak di dunia.

Sebagaimana dilansir ChurchMilitant.com pada Selasa 2 Januari 2017, survei yang dilakukan Datafolha Institute menunjukkan bahwa  sejak 2014, negara berbahasa Portugal itu telah kehilangan lebih dari 9 juta Umat Katolik.

Dua tahun lalu, 60 persen warga Brazil yang berusia di atas 16 tahun menyatakan diri Katolik. Menurut survei terbaru yang diterbitkan pada 25 Desember, persentasenya kini hanya 50 persen.

Pada periode yang sama, persentase mereka yang mengaku tidak memiliki agama telah lebih dari dua kali lipat, dari 6 persen pada tahun 2014 menjadi 14 persen sekarang.

Seorang Sosiolog Reginaldo Prandi berkomentar bahwa banyak warga di Brazil sekarang memilih tidak beragama.

“ Dalam kehidupan sosial, agama hampir tidak memiliki peran lagi. Ini bukan syarat wajib agar seseorang dianggap sebagai warga negara yang baik,” katanya.

Sementara itu, dalam penelitian lain yang dilakukan Datafolha Institute  yang juga dipublikasikan pada bulan Desember lalu, banyak pengikut Gereja Katolik Roma berpindah ke Gereja Evangelis, selain memilih tidak beragama.

 

Katoliknews/Yohanes Trisno

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here