Mgr Frederick Henry (Foto: ist)

Katoliknews.com – Mgr. Frederick Henry, Uskup di Calgary, Kanada mengajukan surat pengunduran diri kepada Paus Fransiskus karena alasan kesehatan.

Sebagaimana dilansir CBCnews pada Selasa (4/1), Mgr Henry yang sudah 19 tahun menjadi Uskup di Calgary menderita penyakit yang cukup parah pada tulang belakangnya.

Dalam surat pengunduran dirinya kepada Paus Fransiskus yang telah diposting online, ia mengatakan alasan utama untuk keputusan tersebut adalah perjuangannya melawan penyakit yang sedang dideritanya,  kekakuan  pada tulang belakang.

“Saya agak susah untuk menoleh ke samping dan harus mengubah posisi kaki untuk melihat ke kiri atau ke kanan. Selain itu saya juga susah untuk menengadah, saya cukup tersiksa,” katanya dalam surat itu.

Keputusan pengunduran diri Mgr Henry ternyata membuat Umat di Keuskupan Calgary sedih dan merasa kehilangan. Mereka semua mengatakan sangat mencintainya dan berdoa untuk kesembuhannya.

“Aku sedih atas keputusannya. Kami mencintainya. Tapi mudah-mudahan, dia selalu bahagia, karena dia melakukan banyak untuk kami dan kami akan ingat dia, selalu, dalam doa kami,” kata salah seorang Umat, Victoria Kamel.

Sementara itu Umat yang lainnya, Thomas Joseph mengatakan bahwa Mgr Henry adalah seorang Uskup yang sangat baik, berani, dan pantang menyerah. Ia berharap penggantinya nanti bisa meneruskan apa yang telah dilakukan Mgr Henry selama ini.

“Dia adalah seorang uskup yang sangat baik. Dia melakukan banyak hal hebat bukan hanya untuk Umat Katolik, tapi juga bagi masyarakat luas, tidak ada keraguan tentang hal itu,” kata Thomas.

Mgr Henry dikenal sangat vocal dalam menyampaikan pendapatnya. Selama 19 tahun menjabat sebagai Uskup di Calgary, ia sering berdebat dengan pemerintah  tentang pernikahan sesama jenis.

Selain menentang pernikahan sesama jenis, ia juga gencar memerangi kasus aborsi yang marak terjadi di Kanada.

Yohanes Trisno/Katoliknews

Komentar