Uskup Baru untuk Keuskupan St Petersburg, Florida

247
Mgr Gregory L. Parkes (memegang hosti). Foto: ist

Katoliknews.com – Uskup Gregory L. Parkes ditahbiskan sebagai Uskup kelima Keuskupan St Petersburg, Tampa Bay, Negara Bagian Florida, Amerika Serikat Tenggara, Rabu, 4 Januari 2017.

Paus Fransikus sebenarnya telah menunjuknya pada bulan November 2016 lalu, namun Misa tahbisannya baru diadakan awal bulan ini.

Sebagaimana dilansir WFLA.com, Uskup baru mengawali kotbahnya dengan bercanda kepada Umat yang hadir tentang perawakannya.

“Pertama, tinggi saya 6’8 kaki. Ya, saya bermain basket ketika saya masih muda. Dan ya, saya Uskup tertinggi di Amerika Serikat, “katanya.

Ia kemudian berterima kasih atas sambutan hangat yang diberikan Umat di Keuskupan St Petersburg serta mengungkapkan bahwa menjadi Uskup di sana akan menjadi tantangan baru baginya.

“Setiap uskup memiliki karunia dan talenta sendiri, dan saya berpikir bahwa saya mempunyai beberapa talenta, saya temukan pada pengalaman saya sebelumnya sebagai uskup dan sebagai seorang imam. Tapi saya ingin mendengar bagaimana nantinya umat di sini menilai saya,”katanya.

“Berada di sebuah keuskupan yang lebih besar dengan kondisi geografis yang berbeda akan menjadi tantangan tersendiri untuk saya nantinya,” lanjut dia.

Uskup Parkes menggantikan Uskup Emeritus Robert N. Lynch, yang bertugas di Keuskupan St. Petersburg sejak tahun 1996.

Uskup Lynch sekarang berusia 75 tahun, batas usia dimana seorang Uskup mesti mengajukan pengunduran diri kepada Paus.

Sebelum ditahbiskan, Uskup Parkes bertugas di Keuskupan Pensacola – Tallahassee, bagian dari Keuskupan Agung Miami, sama seperti Keuskupan St. Petersburg.

 

Katoliknews

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here