Paus Fransiskus (Foto: SINDONews)

Katoliknews.com – Dalam pidato kebijakan luar negeri tahun ini yang disampaikan kepada Duta Besar 180 negara untuk Vatikan, Paus Fransiskus mengatakan bahwa uji coba nuklir Korea Utara merusak kestabilan di seluruh daerah di Semenanjung Korea, Selasa, 10 Januari 2017.

Pernyataan itu mendapat perhatian dunia karena Korea Utara terus mengancam untuk meluncurkan rudal balistik antar benua-ICBM akhir-akhir ini.

“Provokasi nuklir Korea Utara melahirkan persaingan persenjataan nuklir yang mengancam perdamaian dunia,” kata Paus Fransiskus sebagaimana diberitakan KBS WORLD Radio News.

Dalam pidato tersebut, Ia juga mengkritik tindakan teror kelompok ekstrem Islam yang terus mengancam perdamaian dunia dan mengatakannya sebagai ‘Kegilaan Yang Membunuh Manusia.’

“Semua masalah dalam lingkungan sosial seperti kemiskinan harus diperbaiki agar kelompok ekstrem tidak muncul lagi,” katanya.

Selain itu, Paus juga mendesak agar masalah internasional seperti kasus pengungsi besar-besaran, kelahiran rendah, dan lain-lain harus dipecahkan dengan damai.

 

Yohanes Trisno/Katoliknews

Komentar