Uskup Denpasar, Mgr Silvester San (Foto: ist)

Katoliknews.com – Uskup Denpasar Mgr Silvester San meminta kepada seluruh warga terutama umat kristiani di wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat untuk menggunakan hak pilih secara cerdas dalam event Pilkada serentak yang sebentar lagi akan digelar, Kamis 19 Januari 2017.

Sebagaimana dilansir Beritadewata.com,  ia juga meminta agar seluruh warga menolak politik uang dari calon-calon yang tidak bertanggungjawab yang hanya mengandalkan uang dan kekuasaan.

“Seluruh warga Bali, khusus warga Bali yang beragama katolik, saya minta agar menggunakan hak pilih dalam pelaksanaan Pilkada, baik Pilkada tahun ini maupun tahun depan. Begitupun dengan Umat Katolik di NTB yang masih merupakan bagian dari Keuskupan Denpasar,” ujarnya.

“Tolak politik uang. Jangan sampai harga diri dan kedaulatan kita digadaikan karena uang,” lanjutnya.

Selain himbauan menggunakan hak politik secara bermartabat, Uskup juga meminta kepada setiap orang untuk menjaga ritme dan suasana kebhinekaan di Indonesia dengan caranya masing-masing.

Ia mengakui saat ini suasana kebangsaan dan kebhinekaan sedang teruji dengan gerakan radikal dari kelompok-kelompok yang tidak menghendaki Indonesia ini aman dan damai.

Bali akan menggelar Pilkada serentak di Kabupaten Buleleng tahun 2017 dan Pemilihan Gubernur pada tahun 2018, yang digelar serentak dengan Pilkada di Klungkung dan Gianyar. Untuk tahun 2017 ini han digelar Pilkada di Kabupaten Buleleng.

 

Yohanes Trisno/Katoliknews

Komentar