Uskup Sintang, Mgr Samuel Oton Sidin, OFMCap (Foto: ist).

Katoliknews.com – Uskup terpilih Keuskupan Sintang, Mgr Samuel Oton Sidin OFMCap akan ditahbiskan oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus Pr di Stadion Baning Sintang, Kalimantan Barat pada Rabu, 22 Maret 2017 mendatang.

Berbagai persiapan terus dilakukan oleh pihak Keuskupan Sintang dan mereka membangun kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang.

Ketua Panitia Pentahbisan sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah memastikan persiapan terus dilakukan hingga menjelang hari H pentahbisan.

“Hingga sembilan hari menjelang pentahbisan, surat undangan sudah disebar. Persiapan Stadion Baning sudah mulai dikerjakan, termasuk koordinasi berbagai pihak,” ungkapnya sebagaimana dilansir Tribbunpontianak,  Senin (13/3).

Hasnah mengatakanan, Bupati Sintang telah memberi instruksi agar Pemkab mendukung penuh kelancaran acara pentahbisan, di antaranya melalui penyediaan berbagai fasilitas milik Pemkab Sintang seperti Stadion Baning, Balai Ruai, Ruang VIP Bandara Susilo, serta kendaraan dinas bagi Duta Besar (Dubes) Vatikan Mgr Antonio Guido Filipazzi.

“Pada Rabu, 22 Maret pagi, Bapak Bupati, Wakil Bupati Sintang, Forkopimda dan Kepala SKPD akan sarapan bersama dengan Dubes Vatikan, Para Uskup, Gubernur Kalbar dan undangan lainnya di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang,” jelasnya.

Ia menambahkan, pengamanan dan pengawalan Polres Sintang sudah siap untuk Dubes Vatikan dan acara pentahbisan.

Untuk itu, Pemkab Sintang akan mengerahkan petugas kebersihan sebelum dan sesudah pentahbisan berlangsung.

“Kami akan beri pengarahan agar umat Katolik yang hadir pada misa pentahbisan lakukan operasi semut sebelum bubar. Ini untuk memungut sampah yang ada di lokasi acara,” tukasnya.

Pentahbisan Uskup Sintang dijadwalkan akan dihadiri oleh 29 Uskup seluruh Indonesia, Duta Besar Vatikan untuk Republik Indonesia, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis dan Kepala Daerah beragama Katolik di Kalbar.

 

Yohanes Trisno/Katoliknews

 

Komentar