Tim penyusun buku pendidikan karakter untuk SD sedang berdiskusi. (Foto: dok)

Katoliknews.com – Para suster dari Kongregasi Suster-suster Fransiskan Dina (SFD) bersama para guru yang bekerja di sekolah-sekolah di lembaga pendidikan mereka kini sedang merampungkan penulisan buku pendidikan karakter.

Sejak Senin, 20 Maret 2017, mereka berkumpul di Hotel Mikie Holiday, Berastagi, Sumatera Utara. Kegiatan itu yang didampingi Pastor Vinsensius Darmin Mbula OFM, Ketua Majelis Nasional Pendidikan Katolik (MNPK) akan berlangsung hingga Jumat, 24 Maret.

Buku yang sedang mereka susun, “Pedoman Pendidikan Karakter KE SFD-AN” akan diperuntukkan bagi murid di setiap jenjang pendidikan dari TK sampai dengan SMA dan SLB di sekolah-sekolah yang dikelola para suster SFD.

“Sudah lama Kongregasi SFD di Indonesia merindukan adanya ‘Buku Panduan Karakter KE SFD-AN,’ sebagai sarana untuk mengimplementasikan spiritualitas Bapa Santo Fransiskus Assisi dan spiritualitas pendiri Kongregasi SFD serta semangat  para suster pendahulu dalam karya pendidikan,” kata Sr M Yovitas Simamora SFD, Ketua Yayasan Setia Medan.

“Buku ini dibuat dan dikonsep dengan tujuan agar nilai-nilai karya KE SFD-AN terintegritasi dan dapat diimplementasikan dalam karya pendidikan yang dikelola Kongregasi SFD,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, proses penyusunan buku ini sudah dimulai sejak Oktober 2015 dan ditargetkan akan rampung pada bulan Maret ini.

“Kami mengalami bahwa proses ini sangat panjang. Kami mengadakan rapat  dan pertemuan-pertemuan  hampir dua puluh kali, dengan biaya yang cukup besar,” katanya.

Baca selengkapnya di situs MNPK Indonesia

Komentar