19 Mei 2017 Nanti, Uskup Agung Semarang akan Ditahbiskan

406
Pastor Robertus Rubiyatmoko, Uskup Baru Semarang, saat memimpin sebuah Perayaan Ekaristi (foto: Sesawi.Net).

Katoliknews.com – Upacara pentahbisan Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko Pr akan dipusatkan di Lapangan Tribrata, kompleks Akademi Kepolisian (Akpol), Semarang pada 19 Mei 2017 nanti.

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia Pentahbisan Rukma Setyabudi saat bersilaturahmi dengan Gubernur Akpol Irjen Anas Yusuf, Kamis (30/3).

Dalam kunjungannya, ia didampingi Vikjen sekaligus Administrator Diosesan Pastor FX Sukendar Pr dan Delegator Administrator Keuskupan Semarang Romo Luhur Prihadi Pr.

Sebagaimana dilansir Suaramerdeka.com, Rukma mengatakan alasan dipilihnya lapangan di Akpol itu, selain tempatnya strategis juga bisa menampung tamu undangan berjumlah sekitar 15 ribu orang.

”Kami menemui Gubernur Akpol untuk pinjam tempat. Lapangan Tribrata di kompleks Akpol sangat luas. Lebih kurang 15 ribu jemaat akan menghadiri pentahbisan itu. Tidak saja datang dari Jawa Tengah, tetapi juga dari DIY, DKI Jakarta, dan sekitarnya,’’ kata Rukma.

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia direncanakan turut hadir, juga para uskup dari seluruh Indonesia.

Panitia juga turut mengundang sejumlah menteri Kabinet Kerja, Gubernur Ganjar Pranowo dan para kepala daerah.

Pada 18 Maret 2017 lalu, Vatikan telah resmi mengumumkan telah menunjuk Uskup Agung baru Semarang.

Paus Fransiskus melalui siaran resmi yang dilansir Radio Vatikan berbasis di Roma pada Sabtu petang, pukul 18.00 WIB menunjuk Pastor Dr Robertus Rubiyatmoko, dosen Moral dan Hukum Gereja Fakultas Teologi Wedabhakti Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Pastor Ruby, demikian dia biasa disapa oleh teman-teman angkatan di seminari adalah alumnus Seminari Mertoyudan yang masuk tahun 1980.

 

Yohanes Trisno/Katoliknews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here