Paus Fransiskus (foto: ist).

Katoliknews.com – Paus Fransiskus kembali menyerukan kepada seluruh pihak yang bertanggungjawab, baik organisasi maupun negara untuk segera melindungi warga sipil di Mosul, Irak.

Sebagaimana dikutip Al Araby, desakan itu disampaikan Paus saat menyambut kelompok lintas agama di Basilika Santo Petrus, Vatikan pada Rabu, 29 Maret 2017.

“Saya merasakan kesedihan yang teramat sangat, dan mendesak agar seluruh pihak wajib mengerahkan seluruh kemampuannya untuk melindungi warga sipil di sana,” ujarnya.

Paus juga mengatakan ia sangat sedih dengan banyaknya warga sipil tak bersalah yang menjadi korban serangan dari berbagai pihak militer di Mosul, Irak.

Terakhir, dilaporkan sekitar 200 warga sipil menjadi korban serangan udara pasukan koalisi AS-Irak pada tanggal 17 Maret 2017, juga karena serangan ISIS.

Laporan terbaru menyebutkan sejumlah warga sipil masih terjebak di Mosul, tepat di tengah-tengah wilayah operasi militer AS-Irak dan ISIS.

Perserikatan Bangsa-Bangsa melaporkan total korban sipil di Mosul akibat serangan udara pasukan koalisi AS-Irak sepanjang Februari-Maret mencapai 300 orang.

 

Yohanes Trisno/Katoliknews

 

Komentar