Suasana Misa Minggu Palma di Gereja St Petrus & Paulus Sekadau, Kalimantan Barat, 9/4/2017 (Foto: tribbunnews).

Katoliknews.com – Bupati Sekadau, Kalimantan Barat, Rupinus bersama istri didampingi Wakil Bupati Sekadau Aloysius bersama istri hadir bersama ribuan umat Katolik pada perayaan Minggu Palma di Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Sekadau, Minggu, 9 April 2017.

Dilansir Tribbunnews.com, Perayaan Minggu Palma diawali dengan ibadat pemberkatan dan perarakan daun palma yang dipusatkan di SD Katolik Slamet Riyadi jalan Rawak.

Misa Minggu pagi itu sendiri dipimpin oleh Pastor Valentinus Saeng, CP.

Nyanyian lagu-lagu gereja yang bertemakan pekan suci menjelang hari raya paskah dengan merdu dinyanyikan oleh kelompok koor yang dibawakan oleh kring St Fransiskus Asisi mengiri perarakan daun palma menuju Gereja Katolik Santo Petrus Dan Paulus Sekadau.

Selain diawali dengan perarakan daun palma, diperagakan juga drama kisah sengsara Yesus.

“Hari Minggu Palma merupakan awal perayaan liturgi Pekan Suci yang merupakan puncak perayaan liturgi Gereja. Yesus memasuki Yerusalem untuk dinobatkan sebagai Raja Israel (Mesias) oleh Allah melalui sengsara, wafat dan kebangkitan-Nya,” kata Pastor Valentinus dalam Kotbahnya.

Ia mengatakan, prosesi Yesus memasuki Yerusalem adalah persiapan penobatan-Nya sebagai Raja Israel pada waktu kebangkitan-Nya, karena itu peristiwa Yesus memasuki Yerusalem hanya dapat dimengerti dalam terang kebangkitan-Nya.

Sebagai penutup kotbahnya, Pator Valentinus mengajak Umat Katolik untuk semakin percaya akan Yesus Kristus, dan umat katolik juga diharapkan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama, mau berdamai dengan sesama, berdamai dengan diri sendiri dan berdamai dengan orang lain dan berdamai dengan Tuhan.

 

JTP/Katoliknews

Komentar